Jokowi: Harga Sembako di Pasar Tradisional Stabil

Rizky Dewantara    •    Rabu, 31 Oct 2018 01:12 WIB
presiden jokowijokowi blusukan
Jokowi: Harga Sembako di Pasar Tradisional Stabil
Presiden Joko Widodo saat blusukan di pasar tradisional kawasan Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 30 Oktober 2018. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga sembako di Pasar Surya Kencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Jokowi memastikan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional relatif stabil. 

Menurut Jokowi, harga bahan pokok di pasar masih sesuai dengan inflasi yang angkanya di bawah 3,5 persen.  "Inflasinya stabil, harga di pasar juga stabil. Jadi jangan sampai ada yang teriak di pasar harga mahal-mahal," kata Jokowi di Pasar Surya Kencana, Bogor, Selasa malam, 30 Oktober 2018. 

Jokowi memerinci, sejumlah harga sayuran mengalami penurunan. Buncis misalnya, yang biasanya Rp16 ribu menjadi Rp12 ribu. Harga sawi juga menjadi Rp7 ribu, yang biasanya Rp8 ribu. Ada penaikan harga buah alpukat yang tadinya Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu. 

Menurut Jokowi, fluktuasi harga di pasar tradisional ini masih dalam kondisi wajar. Ia pun meminta tak ada pihak yang menuding harga-harga di pasar tradisional mahal.

"Jangan sampai ada yang teriak-teriak di pasar harga mahal, malah pedagang pasar ngamuk semua. Jangan sampai ibu-ibu larinya ke hypermarket atau ke mal untuk belanja kebutuhan pokok," kata Eks Gubernur Jakarta itu.


Presiden Joko Widodo saat blusukan di pasar tradisional kawasan Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 30 Oktober 2018. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Presiden Jokowi tiba di pasar tradisional kawasan Bogor itu sekitar pukul 22:00 WIB. Ia berkeliling didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Kedatangan orang nomor satu di Indonesia cukup mengagetkan pedagang dan warga yang sedang berbelanja.

"Tujuan saya ke pasar malam-malam ke Pasar Tradisional Bogor untuk mengecek harga sembako. Kalau siang-siang berdesakan dengan pembeli lainya, kalau malam hanya saya yang membeli," ungkap Jokowi.

Baca: Jokowi Blusukan ke Pasar Surya Kencana Bogor

Beberapa kali Jokowi tampak berbincang dengan pedagang. Jokowi juga terlihat membeli sejumlah dagangan yang ada di pasar itu, antara lain dua ikat daun kemangi, 10 ikat bayam, 2 kilogram cabai rawit, 2 kilogram cabai keriting, dan sawi. Jokowi juga membeli mangga dan pepaya.


(AGA)