Komputer untuk Merekam E-KTP Hilang Dicuri

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 14 Feb 2019 19:24 WIB
pencurian
Komputer untuk Merekam E-KTP Hilang Dicuri
Kantor Kelurahan Ratu Jaya, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis, 14 Februari 2019. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno.

Depok: Satu unit komputer dan camera di dalam sebuah ruangan Kantor Kelurahan Ratu Jaya, Kota Depok, Jawa Barat dicuri. Kedua alat tersebut biasa digunakan untuk pembuatan KTP Elektronik.

Sekertaris Kelurahan Ratu Jaya, Boni mengatakan, insiden pembobolan ruangan kerja kantor pemerintah tersebut terjadi pada Rabu, 13 Februari 2019. Menurut Boni ada kejanggalan dalam hilangnya dua alat yang harganya tidak seberaoa tersebut.

"Anehnya komputer lainnya enggak, padahal di ruang operator itu juga ada peralatan elektronik yang canggih dan mahal, kisaran harga 40 jutaan. Nah yang hilang ini, komputer lama," kata Boni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 14 Februari 2019.

Boni menjelaskan, ketika dilakukan pemeriksaan oleh pihak kelurahan maupun kepolisian, tidak ada bekas pembobolan. Dirinya menduga, ada keteledoran petugas operator yang lupa mengunci pintu jendela ruangan.

"Nah ga ada bekas dibobol sih, bisa juga karena keteledoran operator lupa kunci jendela, tapi waktu saya tanya sih ngakunya udah ditutup, dikunci," jelas Boni.

Menurutnya, saat kejadian kondisi Kantor Kelurahan dalam keadaan kosong, pasalnya petugas yang bertugas piket saat itu sedang menjalani tugas Bimtek di daerah Puncak, Kabupaten Bogor.

"Memang sedang kosong kantor saat itu, komputer yang hilang itu untuk mengetik kerjaan perekaman (E-KTP), tapi kalau file penting dan hasil perekaman E-KTP ada semua di lantai tiga," beber Boni.

Boni menegaskan, hingga saat ini pihaknya telah melaporkan peristiwa pencurian tersebut ke Mapolsekta Pancoran Mas. Sementara itu, Kapolsek Pancoran Mas Kompol Rony Agus Wowor menegaskan hingga saat ini pihaknya telah meminta keterangan terhadap beberapa saksi yang mengetahui kejadian.

"Ada dua saksi, yaitu petugas kelurahan Ratu Jaya. Memang yang hilang ini satu set Komputer beserta Kamera untuk pembuatan E - KTP, diduga pelaku masuk melalui jendela samping kiri," ungkap Rony.


(DEN)