Waspada 4 Penyakit Ini Saat Hujan dan Banjir

Roni Kurniawan    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:27 WIB
banjir pasteur bandung
Waspada 4 Penyakit Ini Saat Hujan dan Banjir
Ilustrasi. Foto: Antara/Fahrul jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Musim hujan menjadi ancaman untuk kesehatan, terutama anak-anak. Salah satu yang paling berbahaya adalah demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, mengatakan, meski kasus DBD tidak mengalami peningkatan di musim hujan, namun terdapat empat penyakit yang menyerang saat musim hujan. Terbanyak, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

"Banyak orang tua mengeluhkan anaknya mengalami demam disertai pilek, batuk, bersin, dan sakit tenggorokan," kata Ahyani, saat dihubungi Kamis (24/11/2016).

Penyakit ini, kata dia, berkembang biak cepat di lokasi-lokasi banjir. Ia menyarankan agar warga segera ke fasilitas kesehatan agar penyakit tak semakin parah. 

Selain itu, diare juga menjadi ancaman. Banyaknya genangan air akibat banjir membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi rawan terkontaminasi. 

"Saat banjir risiko tercemarnya makanan dan minuman lebih tinggi," ujarnya.

Selanjutnya, flu. "Karena cuaca dingin, suhu tubuh mengalami perubahan. Kalau daya tahan tubuhnya tak kuat, flu akan menyerang."

Untuk menghindarinya, ia menyarankan warga untuk tak sering memegang hidung dan mulut saat hujan.

Penyakit terakhir adalah tifus. Penyakit ini berkembang di air kotor yang tergenang karena menjadi endemis kuman salmonella typhosa, penyebab tifus.

"Sebaiknya memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, terutama oleh anak-anak. Hindari mengonsumsi jajanan yang tidak sehat," kata dia.




(UWA)