Dulu Lapangan Bola, Kini Lautan Sampah

Roni Kurniawan    •    Rabu, 05 Jul 2017 12:12 WIB
sampah
Dulu Lapangan Bola, Kini Lautan Sampah
Seorang warga memilah sampah di lapangan yang berada di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu 5 Juli 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Tumpukan sampah menghampar di bantaran anak kali Cikapundung Kolot. Sampah plastik hingga bekas furnitur berserakan di lahan seluas 6.800 meter persegi tersebut.

Bukan. Lahan ini bukanlah tempat pembuangan akhir sampah. Apalagi, jaraknya dengan permukiman hanya sekitar lima meter.

Hamparan tanah yang berada di Jalan Cibangkong, RT 03 RW 10, Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, itu dulunya lapangan sepak bola.

"Dulu kan di sini tuh balong. Terus menjadi lapangan bola. Tapi sekarang tiba-tiba jadi tempat sampah," tutur Eka, warga setempat, kepada Metrotvnews.com, Rabu, 5 Juli 2017.

Eka mengaku warga sekitar cukup terganggu dengan tumpukan sampah tersebut. Terlebih mayoritas rumah warga berhadapan langsung dengan lahan itu.

"Warga jelas mengeluh. Ada yang sakit karena bau. Terus juga kan kalau dibakar asapnya ke rumah-rumah warga," kata Eka.

Pengelola sukarela

Salah seorang warga lainnya mengatakan, lahan itu berubah fungsi sejak 10 tahun terakhir. Tidak pasti siapa yang memulai, namun sejak itu makin banyak sampah menumpuk di kawasan tersebut.

"Hampir 10 tahun sampah ada di sini. Tidak ada yang mengelola, hanya saya dan kakak yang membersihkan dan bakar sampah," kata Yono, 56, warga sekitar yang mengelola sampah tersebut. 

Yono mengaku membersihkan dan membereskan sampah secara sukarela. Pasalnya jika sampah tidak dibakar akan terjadi penumpukkan dan dikhawatirkan terjadi longsor.

"Kalau enggak dibakar dan diberesin, wah ini bisa jadi gunung tinggi pisan. Sekarang saja sudah tinggi," tuturnya.


(SAN)