BI Cirebon Siapkan Rp5,59 Triliun Uang Baru untuk Idulfitri

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 23 May 2018 11:54 WIB
penukaran uangRamadan 2018
BI Cirebon Siapkan Rp5,59 Triliun Uang Baru untuk Idulfitri
Pembukaan layanan penukaran uang baru. (ANT/R. REKOTOMO)

Cirebon: Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, menyiapkan uang pecahan sebanyak Rp5,59 triliun, untuk memenuhi kebutuhan uang selama Ramadan hingga Idulfitri. Jumlah ini meningkat 86 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni Rp2,6 triliun.

"Kebutuhan uang sudah sesuai dengan penghitungan jumlah kebutuhan sepanjang Ramadan hingga Lebaran. Kenaikan juga terjadi tahun sebelumnya," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Cirebon Abdul Majid Ikramdi di Cirebon, Jawa Barat, Rabu, 23 Mei 2018.

Kebutuhan sebesar Rp5,59 triliun terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) untuk kebutuhan 1.102 ATM di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Kabupaten Cirebon, Subang, dan Pamanukan. Untuk kebutuhan ATM, dilakukan sejak Ramadan hingga Lebaran.

"Rp5,01 triliun untuk kebutuhan ATM selama Ramadan dan Idulfitri," imbuhnya.

Selain UPB, BI Cirebon juga menyediakan Uang Pecahan Kecil sebesar Rp0,5 triliun, untuk kebutuhan penukaran uang masyarakat. Majid menyampaikan, masyarakat bisa menukarkan melalui bank-bank umum karena sudah mendapatkan pasokan pecahan uang baru dari BI.

"Namun kita juga akan membuka penukaran di beberapa tempat di wilayah layanan BI Cirebon," ujarnya.

Untuk saat ini, jumlah uang yang sudah didistribusikan oleh BI Cirebon kepada bank umum sebesar Rp1,5 triliun, atau sudah 27 persen dari penarikan perbankan.


(LDS)