Longsor di Kuningan, Satu Warga Tewas Tertimbun

Ahmad Rofahan    •    Minggu, 20 May 2018 11:58 WIB
longsor
Longsor di Kuningan, Satu Warga Tewas Tertimbun
Evakuasi korban di Dusun Kancana Girang, Desa Gunung Aci, Kecamatan Subang, kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu, 19 Mei 2018, malam

Kuningan: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kuningan, Jawa Barat selama kurang lebih lima jam, mengakibatkan longsor di Dusun Kancana Girang, Desa Gunung Aci, Kecamatan Subang, kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Sabtu, 19 Mei 2018, malam. Akibatnya, satu warga tewas tertimbun material longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, Agus Mauludin mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 17.00 sore kemarin. Saat itu, Sarkiwa, 58, sedang berada di lokasi longsor sedang membetulkan saluran air untuk perairan sawah. Namun tiba-tiba longsor terjadi dan korban tidak sempat untuk menghindar.

“Saat itu, korban sedang membetulkan saluran air untuk perairan sawah,” kata Agus, Minggu, 20 Mei 2018.



Agus menambahkan, dalam peristiwa tersebut satu korban,yaitu Sarkiwa, 58, meninggal. Agus juga menjelaskan, ada saksi yaitu Raskat, 40, yang mengetahui secara langsung peristiwa tersebut. Raskat sempat lari menuju tempat Sarkiwa membetulkan saluran air, ingin mengingatkan untuk segera menghindar dari longsor yang sudah dilihatnya. Namun saat tiba di lokasi, saksi melihat Sarkiwa sudah tertimbun material longsor.

“Ketika saksi datang ke lokasi ternyata korban sudah tertimbun,” kata Agus.

Longsor dengan  panjang 100 meter dan tinggi 150 meter tersebut, akhirnya menimbun jasad Sarkiwa. Evakuasi gabungan akhirnya dilakukan oleh BPBD Kuningan, Polisi, Koramil, Satpol PP, Tagan dan Masyarakat, untuk bisa menemukan jasad Sarkiwa, yang tertimbun material tanah yang cukup banyak. Agus menyebutkan, jasad korban akhirnya ditemukan pada pukul 22.00 malam.

“ Jasad korban ditemukan pada pukul 22.00,” kata Agus.


(ALB)