Ratusan Warga Garut Keracunan Makanan Hajatan

ant    •    Rabu, 07 Mar 2018 10:19 WIB
keracunan makanan
Ratusan Warga Garut Keracunan Makanan Hajatan
Ilustrasi keracunan. Antara

Garut: Ratusan warga di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami keracunan diduga setelah menyantap makanan acara hajatan salah satu warga, pada Selasa, 6 Maret 2018. Hingga kini korban keracunan mencapai 177 orang. 

"Sementara 69 pasien sudah dibolehkan pulang," kata Camat Malangbong, Teten Sundara, di garut, Rabu 7 Maret 2018. 

Ia menuturkan, para korban keracunan merupakan warga dari Desa Sakawayana. Ratusan warga itu mengalami mual dan muntah, setelah mengkonsumsi makanan dari acara hajatan. Seluruh warga yang mengeluh sakit, telah mendapat penanganan medis di Puskesmas Malangbong, juga dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut. 

"59 orang di Puskesmas Malangbong, 49 orang tersebar di Puskesmas Cibatu, Limbangan, Citeras dan Puskesmas Bandrek," bebernya. 

Teten mengatakan, warga yang keracunan yang menyantap hidangan hajatan. Sedangkan, kata dia, warga lain yang tak menghadiri acara tidak mengalami keracunan. Namun, dugaan itu  kata Teten, harus diselidiki lebih lanjut untuk memastikan penyebab keracunan. 

"Ini masih bersifat dugaan, dan belum bisa dipastikan, untuk lebih jelasnya masih harus menunggu hasil penelitian terhadap sampel muntahan dan makanan," katanya.


(LDS)