13 Perjalanan KA Dialihkan ke Jalur Utara

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 23 Nov 2017 12:04 WIB
longsorjalur kereta api
13 Perjalanan KA Dialihkan ke Jalur Utara
Petugas berusaha mengevakuasi material longsor yang menutupi jalur kereta api di Garut, Jawa Barat -- dok. Humas KAI Daop 3

Cirebon: Sebanyak 13 perjalanan kereta api melintasi jalur selatan dialihkan melalui jalur utara. Pengalihan jalur dilakukan karena longsor menimbun perlintasan kereta api antara Stasiun Cipendeuy dan Bumiwaluya di Garut, Jawa Barat.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan ada tujuh perjalanan kereta yang dialihkan melalui jalur utara, yaitu Lodaya, Turangga, Kahuripan, Mutiara Selatan, Malabar, Serayu, dan Kutojaya Selatan. "Tujuh kereta tersebut sebenarnya melintas jalur selatan. Namun, karena ada longsor, jadi dipindah melalui jalur utara," kata dia di Cirebon, Kamis, 23 November 2017.

Perpindahan jalur tersebut membuat perjalanan yang ditempuh kereta dari jalur selatan bertambah 2,5 jam. Kereta-kereta tersebut mengisi bahan bakar dan air di Stasiun Cirebon.

Kris mengintruksikan kepada para kepala stasiun untuk ikut memantau kondisi perjalanan KA. "Sampai saat ini masih normal," lanjutnya.

Menurut Kris, longsor terjadi pukul 23.18 WIB pada Rabu, 22 November 2017. Longsor teradi di delapan titik.

Material longsoran menutupi perlintasan kereta api sepanjang 10 meter hingga 100 meter dengan ketinggian mencapai 7 meter.


(NIN)