3.000 Nelayan di Cirebon Terima Asuransi Gratis

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 06 Dec 2017 11:49 WIB
nelayanasuransi nelayan
3.000 Nelayan di Cirebon Terima Asuransi Gratis
PEnyerahan asuransi secara simbolis kepada nelayan di Cirebon, Jawa Barat -- medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Sebanyak 3.000 nelayan di Cirebon, Jawa Barat, menerima program asuransi gratis dari PT Cirebon Power dan Polairud Polda Jawa Barat. Nelayan yang mendapatkan asuransi gratis berasal dari 10 desa yang berada di sekitar wilayah kerja Cirebon Power.

Dirpolairud Polda Jabar Kombes Suwarto mengatakan pemberian asuransi ini berawal dari keprihatinan pihaknya saat melihat banyak nelayan terkena musibah. Asuransi ini diharapkan dapat meringankan beban para nelayan.

"Karena kami tidak memiliki anggaran, maka menggandeng CSR (Corporate Social Responsibility) dari Cirebon Power," kata Suwarto di Cirebon, Selasa, 5 Desember 2017.

Menurut Suwarto, nelayan kecil di sekitaran Cirebon menggunakan perahu ukuran kecil dan mesin dengan kekuatan kecil pula. Ketika terjadi perubahan cuaca secara mendadak, nelayan tidak mampu segera menepi untuk menyelamatkan diri.

"Sehingga cukup sering terjadi nelayan tergulung ombak," kata Suwarto.

Direktur PT Cirebon Power Teguh Haryono menambahkan, pihaknya sejak 2012 sudah memberikan asuransi kepada 15.000 nelayan di Cirebon. Jumlah tersebut diberikan secara bertahap setiap tahunnya.

"Setiap tahun kita berikan 3.000 asuransi nelayan," kata Teguh.

Ketua Himpunan Serikat Nelayan Indonesia (HSNI) Kota Cirebon Kasrudin menyambut baik program asuransi gratis ini. Menurutnya, program ini sangat membantu nelayan di Cirebon.

"Dengan adanya asuransi, nelayan yang terkena musibah bisa mendapatkan bantuan," ujar dia.

Kasrudin berharap, asuransi ini terus dipertahankan dan bisa diberikan kepada seluruh nelayan.


(NIN)