Listrik Mulai Mengaliri 233 Dusun dan 156 Desa di Jabar

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 03 Nov 2017 14:09 WIB
listrik
Listrik Mulai Mengaliri 233 Dusun dan 156 Desa di Jabar
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka secara resmi jaringan listrik pedesaan di Kampung Sukasenang, Desa Tanjung Karang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat -- ANT/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 233 dusun dan 156 desa di Jawa Barat kini dialiri listrik. Penyediaan jaringan listrik di pedesaan ini bagian dari program Pemerintah Provinsi Jabar bertajuk 'Jabar Caang'.

"Dengan adanya listrik, diharapkan masyarakat menjadi produktif, baik di rumah tangganya maupun di lingkungan," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat meresmikan listrik pedesaan di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya, Selasa 2 November 2017.

Deddy mengatakan, Pemprov Jabar tahun ini sudah menggelontorkan dana Rp50 miliar untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat kurang mampu. "Kita dukung bagaimana sebagai perusahaan pengelola listrik PLN betul-betul berpihak kepada masyarakat di daerah terpencil," lanjutnya.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero) Amir Rosidin menuturkan, jumlah desa yang dialiri listrik akan terus ditingkatkan. Pihaknya percaya, listrik dapat terus membawa pergerakan perekonomian masyarakat.

"Melistriki daerah pedesaan di pelosok Jawa Barat merupakan salah satu program prioritas unggulan kami demi mewujudkan `Jabar Caang` 2018, yakni tercapainya rasio elektrifikasi di Provinsi Jawa Barat 100 persen pada 2018," kata Amir.

Menurut Amir, tahun ini PLN menargetkan pembangunan jaringan distribusi listrik di pedesaan dengan menginvestasikan dana sebesar Rp196 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan jaringan listrik.

"Dengan listrik yang merata, pendidikan akan semakin baik, usaha semakin berkembang, dan daya saing warga akan meningkat," pungkasnya.


(NIN)