Tanpa Permendikbud, Sudah Tugas Guru Lindungi Anak Didik

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 08 Nov 2017 17:46 WIB
pendidikan
Tanpa Permendikbud, Sudah Tugas Guru Lindungi Anak Didik
Kegiatan pendidikan, MTVN - M Rizal

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 80 Tahun 2015 yang bertujuan melindungi anak didik. Namun tanpa Permendikbud sekalipus, sudah menjadi tugas guru untuk melindungi anak didik. Sebab sekolah merupakan rumah kedua untuk anak didik.

Hal itu disampaikan Iwan Hermawan, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 8 November 2017. Iwan mengaku sosialisasi mengenai Permendikbud tersebut malah belum jelas. Sosialisasi hanya disampaikan ke paguyuban guru.

"Harusnya, orang tua dan siswa juga mendapat sosialisasi. Sehingga orang tua, siswa, dan guru satu suara untuk menyikapi tindak kekerasan yang terjadi di sekolah," kata Iwan saat ditemui Metrotvnews.com, Bandung.

Menurut Iwan, salah satu tugas guru yaitu melindungi fisik dan psikologis siswa dari tindak kekerasan. Tanpa membuat posko pengaduan sekalipun, guru harus berperan memberikan perlindungan.

Pernyataan Iwan itu berkaitan dengan video yang menampilkan tindak kekerasan antarpelajar di sebuah SMA di Kalimantan Barat. Posko pengaduan kekerasan pun dianggap penting untuk menyikapi tindakan tersebut di sekolah, sesuai dengan Permendikbud Nomor 80 Tahun 2015.

Baca: Tahun Depan, Posko Pengaduan Kekerasan Dibentuk di SD hingga SMP
 


(RRN)