Pemerintah Siapkan Empat Akses Menuju Lokasi Pembukaan PON

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 14 Sep 2016 10:56 WIB
pon 2016
Pemerintah Siapkan Empat Akses Menuju Lokasi Pembukaan PON
Jalan di sekitar Stadion GBLA Bandung, Ant - Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Bandung: Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi lokasi acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Warga yang hendak menyaksikan acara pembukaan dapat mengakses empat jalan tersebut menuju Stadion.

Pembukaan berlangsung pada Sabtu 17 September. Selain warga, atlet, dan kontingen, acara tersebut juga bakal disaksikan Presiden RI Joko Widodo.

Pemerintah setempat menyediakan empat jalan yang menjadi akses menuju Stadion GBLA. Yaitu:

1. Jalan Kiaracondong - Jalan Ciwastra - Jalan Derwati - Stadion GBLA. Kondisi jalan di jalur tersebut baik karena berupa beton.

2. Terminal Peti Kemas - Jalan Derwati - Jalan Gedebage. Kondisi jalan sudha beton dan siap dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

3. Jalan Soekarno-Hatta, memutar balik arah ke Jalan Cimincrang, lanjut ke Stadion GBLA. Kondisi jalan baik dan aman dilewati kendaraan.

4. Untuk jalur tol, warga dapat masuk melalui Km 151 tol Padalarang-Cileunyi, lalu masuk ke jalan menuju stadion.

Pemerintah menyiapkan jalur simpang susun atau interchange di tol Cileunyi sebagai salah satu akses ke stadion. Rencananya, jalan itu akan dilintasi tamu VIP.

Namun menjelang pembukaan PON, tepatnya Selasa 13 September, pembangunan interchange di KM 149 itu belum tuntas. 

Warga di sekitar Stadion GBLA mengaku tak masalah bila banyak kendaraan melintasi jalan di sekitar rumah mereka. Warga mengaku itu sebagai cara untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran PON.

"Kan hanya untuk pembukaan dan penutupan saja di GBLA. Tidak akan setiap hari," kata Wahyu, warga Jalan Derwati, Bandung, Rabu (13/9/2016).

Senada dengan Wahyu, Suryano Sulaeman mengaku tak masalah bila macet terjadi di wilayah dekat rumahnya. 

"Macet sih pasti, tapi tidak masalah," kata pria berusia 46 tahun tersebut.

Saepudin, warga Cimincrang, Kecamatan Gedebage, mengaku terbiasa dengan keramaian menuju Stadion GBLA. Sebab stadion kerap digunakan untuk laga Persib Bandung.



(RRN)