Emil Dukung Rencana Pemerintah Naikkan Harga Rokok

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 20 Aug 2016 17:45 WIB
rokok
Emil Dukung Rencana Pemerintah Naikkan Harga Rokok
Emil saat bertanding catur melawan Ayi Vivananda di Balai Kota, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendukung rencana pemerintah pusat untuk menaikkan harga rokok. Pria yang akrab disapa Emil itu menilai rencana itu dapat menekan angka dan risiko mengisap rokok.

"Saya setuju karena saya enggak ngerokok. Harga baik itu resiko yang mengkonsumsi," ujar Emil  saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Sabtu (20/8/2016).

Emil mengatakan rencana itu merupakan wewenang pemerintah pusat. Bila menjadi aturan, Emil mengatakan akan mengikuti keputusan tersebut.

Emil menilai rencana itu hal yang positif. Sehingga budaya merokok di Kota Kembang berkurang.

"Apalagi Bandung mau meminimalkan budaya ngerokok," tuturnya.

Salah satu dukungan nyata yaitu Emil menghilangkan papan iklan atau reklame rokok. Emil menargetkan tak ada iklan rokok bertebaran di Bandung.

Sebelumnya, pemerintah pusat menerima usulan untuk menaikkan harga rokok yang disampaikan Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Usulan ini merupakan bentuk kekhawatiran dengan tingginya jumlah perokok baru di Indonesia. 

Harga jual rokok di Indonesia yang murah menjadi salah satu penyebabnya. Nafsiah mengusulkan pemerintah untuk menaikkan harga serta bea cukai rokok. Tak hanya itu, ia juga meminta pemerintah untuk membatasi penjualan rokok kepada generasi muda.


(RRN)