Pintu Waduk Saguling Dibuka, Warga Waspada Banjir

Budi Kansil    •    Jumat, 11 Nov 2016 16:25 WIB
banjir
Pintu Waduk Saguling Dibuka, Warga Waspada Banjir
Waduk Saguling. (Ant/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di bantaran Sungai Citarum diminta waspada. Sebab, pintu air di Waduk Saguling akan dibuka.

General Manager Indonesia Power UP Saguling Hendres Wayen P menyebut ketinggian air Waduk Saguling mencapai 643,70 meter di atas permukaan laut, pada saat elevasi mencapai 643,80 mdpl.

"Sesuai SOP pintu spillway No 3 akan dibuka setinggi satu meter," ujarnya melalui keterangan yang diterima Metrotvnews.com di Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Hal ini menyebabkan volume air ke Sungai Citarum akan bertambah besar. "Kami mengimbau warga di bantaran Sungai Citarum mauapun masyarakat yang beraktivitas di area tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Pantauan Media Indonesia, sejumlah warga di Karawang, Jawa Barat, mulai resah. Seperti diungkapkan warga Perumahan Karaba, Desa Wadas, Telukjambe Timur, Yudi Setiawan.

Rumahnya yang tidak jauh dari Sungai Citarum, membuat Yudi terus memantau ketinggian sungai.

"Semalam juga saya mantau karena habis hujan, tadi juga habis mantau kondisi Citarum setelah tahu kabarnya," terang dia.

Kepala BPBD Karawang, Asip Suhendar meminta warga mewaspadai kondisi Sungai Citarum.

Dari Kabupaten Cianjur, sedikitnya 400 kepala keluarga di Kampung Bantarcaringin, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi terancam terendam aliran Sungai Caringin.

"Sekarang (Sungai Caringin) baru meluap beberapa meter. Tapi tidak tahu kalau nanti pintu air lainnya ikut dibuka. Di kampung itu terdapat empat RT dan 1 RW. Jumlah warganya 400 KK," ujar Kaur Keuangan Desa Cihea Ali Nurdin.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur Asep Suparman mengatakan, berdasarkan informasi, belum ada rumah rusak atau korban jiwa. Namun bangunan pos ronda di salah satu RT rusak tergerus arus air.


(SAN)