Emil Titip Nama Baik Bandung ke Peserta Aksi 4 November

Roni Kurniawan    •    Jumat, 04 Nov 2016 09:47 WIB
unjuk rasa
Emil Titip Nama Baik Bandung ke Peserta Aksi 4 November
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengimbau warganya untuk tertib saat turut serta dalam aksi unjuk rasa di Jakarta, Jumat 4 November. Orang nomor satu di Kota Bandung itu menitipkan nama baik Kota Bandung terhadap warganya yang bertolak ke ibu kota.

"Ya, ini enggak hanya fenomena di Bandung, ini fenomena di seluruh Indonesia. Saya kira selama itu hak demokrasi silakan, asal titip dari saya jaga ketertiban dan tidak anarkistis, itu saja," ujar Emil saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (4/11/1016).

Ia tidak melarang warganya bertolak ke Jakarta untuk mengikuti aksi damai terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Apalagi aksi itu hampir diikuti warga di seluruh daerah.

"Bahwa menyampaikan pendapat itu mah dilindungi oleh UU ya. Jadi, bahwa (warga) Bandung ke Jakarta tidak masalah. Hanya titip itu saja, mau demo di Bandung, di Jakarta, atau dimana pun titip jaga perdamaian," tuturnya.

Emil pun memperingatkan warganya agar tidak terprovokasi oleh segelintir orang yang memanfaatkan momen ini. Ia pun mengingatkan warganya tidak memprovokasi untuk berbuat anarkistus demi menjaga nama baik Bandung.

"Jaga perdamaian, jaga ketertiban, jangan sampai ada masalah-masalah yang sifatnya provokasi. Aa Gym juga ikut ke sana," kata dia.




(UWA)