Pengunduran Diri Bupati Anna tak Ganggu Pemerintahan

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 07 Nov 2018 16:27 WIB
pemerintah daerah
Pengunduran Diri Bupati Anna tak Ganggu Pemerintahan
Bupati Indramayu Anna Sophanah, meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI/M Irfan

Indramayu: Ketua DPRD Kabupaten Indramayu Taufik Hidayat memastikan pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah tidak akan mengganggu pemerintahan. Mekanisme dan aturan yang ada sudah jelas.

"Saat ini Ibu Anna masih menjabat sebagai bupati. Nanti kalau SK dari Kementerian Dalam Negeri sudah turun, biasanya langsung ditunjuk pelaksana hariannya," ujar Taufik saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 7 November 2018.

Jabatan Anna akan digantikan Supendi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu. Sejumlah program yang sebelumnya sudah digagas dan dilaksanakan di masa kepemimpinan Anna akan diteruskan Supendi hingga akhir jabatan pada 2021.

"Ibu Anna dan Pak Supendi itu satu paket, jadi tidak ada masalah," ujar Taufik.

Pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah secara resmi disetujui DPRD Kabupaten Indramyau dalam sidang paripurna yang dilaksanakan hari ini. DPRD Indramayu sedang menyiapkan berkas adminitrasi pengunduran diri Anna Sophanah yang selanjutnya akan dikirimkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Barat.

Baca: Mengurusi Keluarga, Alasan Bupati Indramayu Mundur

Kementerian Dalam Negeri mengaku meminta penjelasan dari Anna terkait pengunduran diri tersebut. "Itu hak dia, kami sedang kirim tim ke sana untuk meminta kejelasan apa sih pertimbangan dia," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo di JCC Senayan, Jakarta, Rabu, 7 November 2018.
 
Kemendagri ingin tahu alasan Anna mengundurkan diri, karena posisi kepala daerah dipilih rakyat. Sehingga, harus ada alasan jelas untuk mengambil tindakan tersebut.

Baca: Kemendagri Minta Penjelasan Bupati Indramayu


(SUR)