Jabar Siaga Satu Bencana

Roni Kurniawan    •    Senin, 12 Nov 2018 12:22 WIB
bencana longsorbencana banjir
Jabar Siaga Satu Bencana
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menetapkan status siaga satu bencana. Hal itu ditetapkan usai terjadi bencana di beberapa wilayah di Jabar termasuk longsor di Kabupaten Cianjur dan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita sedang siaga satu," cetus Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, 12 November 2018.

Musim hujan telah mengguyur hampir di seluruh wilayah Jabar yang menyebabkan banjir serta longsor. Emil menetapkan status siaga bencana dan meminta setiap kepala daerah untuk melakukan penanganan secara cepat serta antisipatif terjadinya bencana.

"Masyarakat juga diminta waspada dalam perjalanan di saat hujan deras, kemudian tim BPBD juga kita siaga satu. Kemarin kita kirim dua tim ke Gentong dan Naringgul, Cianjur yang terjadi longsor," ungkap Emil.

Baca: Tiga Kecamatan di Bekasi Terendam Banjir

Selain longsor, banjir pun melanda sejumlah wilayah seperti Depok, Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi dalam dua hari terakhir. Banjir dan longsor disebabkan intensitas hujan yang tinggi.

Emil akan memanggil para kepala daerah, terutama yang berada dalam cekungan Bandung. Daerah tersebut melingkupi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

"Khusus banjir Bandung Raya, saya akan rapatkan minggu ini mengundang kepala daerah untuk proses sinkronisasi program," tegas mantan Wali Kota Bandung ini.

Baca: Tiga Wilayah Kota Depok Longsor
 


(SUR)