Ribuan Pesonel Atur Lalu Lintas Kota Bandung

P Aditya Prakasa    •    Senin, 31 Dec 2018 12:50 WIB
tahun baru
Ribuan Pesonel Atur Lalu Lintas Kota Bandung
Kepadatan lalulintas di depan Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Bandung , Jawa Barat, Rabu (22/4). MI/RAMDANI.

Bandung: Sekitar 2.000 personel gabungan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di sejumlah titik di Kota Bandung, Jawa Barat saat malam pergantian tahun. Personel akan mengantisipasi potensi kecelakaan dan penumpukan kendaraan di jalan-jalan utama yang menyebabkan kemacetan.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza mengatakan, pihaknya akan melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas saat malam tahun baru.

"Kita tetap seperti tahun lalu juga, kalau ada arak-arakan, konvoi, jika mereka membahayakan kemudian melanggar lalu lintas kita lakukan penindakan, supaya mengurangi kecelakaan," kata Agung di Markas Polrestabes Bandung, Senin, 31 Desember 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, volume kendaaran akan meningkat saat malam tahun baru. Sejumlah kawasan akan menjadi titik keramaian warga seperti di Alun-alun Kota Bandung, Alun-alun Ujungberung, Lapangan Gasibu, dan kawasan Dago.

Agung mengatakan, pihaknya juga mengantisipai masyarakat yang menggunakan badan jalan layang untuk parkir atau berkumpul, seperti di Jembatan Layang Pasupati, Jembatan Layang Kiaracondong serta Jembatan Layang Antapani.

Oleh karena itu, personel disebar di sejumlah titik rawan yang dimaksud, dengan melibatkan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja serta instansi terkait.

"Di atas flyover akan kita lakukan pagar betis karena diupayakan tidak ada kendaraan atau masyarakat yang menjadikan titik kumpul di atas flyover karena ini cukup  berbahaya, flyover hanya untuk perlintasan," ungkap Agung.

Selain itu, lanjut Agung, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penindakan pelanggar lalu lintas.

"Akan kita derek, sudah koordinasi dengan Dishub juga," ungkap Agung.

Menjelang pergantian tahun, upaya pemantauan kepadatan arus di dalam tol dilakukan. Pengalihan arus akan dilakukan apabila terjadi kepadatan di salah satu gerbang tol

"Untuk mengantisipasi itu juga kita sudah sampaikan akan ada pengalihan arus di beberapa titik khususnya di dalam tol. Jadi tidak semua kendaraan masuk melalui Pasteur, akan kita bagi menjadi beberapa pintu tol yang masuk ke Bandung. Sudah koordinasi dengan PJR, jika jalur Pasteur sudah cukup padat akan dilakukan penyekatan di dalam tol kemudian diarahkan ke pintu tol lain," pungkas Agung.


(DEN)