Kalapas Sukamiskin tak Tahu Soal Bilik Asmara

P Aditya Prakasa    •    Jumat, 07 Dec 2018 19:59 WIB
Bilik Asmara Lapas Sukamiskin
Kalapas Sukamiskin tak Tahu Soal Bilik Asmara
Suasana di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Medcom.id - P Aditya Prakasa

Bandung: Tak ada bilik asmara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat. Sejak menjadi Kepala Lapas Sukamiskin, Tejo Herwanto mengaku tak menemukan bilik asmara di lembaga tersebut.

Tejo menjabat sebagai Kepala Lapas Sukamiskin sejak Juli 2018. Ia menggantikan Wahid Husein yang terjerat kasus suap.

Keberadaan bilik asmara terungkap di dakwaan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang dengan terdakwa Wahid di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu, 5 Desember 2018. Jaksa menyebut Wahid memberikan izin pada terpidana kasus suap pejabat Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) Fahmi Darmawansyah untuk membuat ruangan khusus berhubungan suami istri di dalam lapas.


(Mantan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husein menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu 5 November 2018, Medcom.id - Adita Prakasa)

"Sejak saya datang, tak ada bilik asmara itu di lapas. Jadi saya tidak tahu di mana itu bilik asmaranya," kata Tejo di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jumat, 7 Desember 2018.

Dulu, ujar Tejo, ada sebuah saung di area lapas. Tapi itu sudah dibongkar sebelum ia masuk. Akses keluar masuk saung itu digunakan sebagai ruang kunjungan.

"Jadi, apa yang disampaikan jaksa, sekarang sudah tak ada lagi," lanjut Tejo.

Tejo menegaskan tak ada fasilitas mewah di dalam lapas, termasuk sel. Ruang tahanan pun sudah biasa sesuai aturan.


(RRN)