Aksi `Jabar Peduli Rohingya` Berhasil Mengumpulkan Rp1,2 Miliar

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 08 Sep 2017 18:02 WIB
rohingya
Aksi `Jabar Peduli Rohingya` Berhasil Mengumpulkan Rp1,2 Miliar
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat aksi `Jabar Peduli Rohingya` -- MTVN/Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Aksi `Jabar Peduli Rohingya` berhasil mengumpulkan Rp1,2 miliar dalam sehari. Aksi solidaritas ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Jawa Barat terhadap krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

"Aksi ini diharapkan dapat mengetuk hati para pemangku kebijakan di Myanmar, bahkan dunia,untuk menghentikan kekerasan di Rakhine," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di depan Gedung Sate, Bandung, Jumat 8 September 2017.

(Baca: Pemprov Jabar Gelar Aksi Penggalangan Dana untuk Rohingya)

Aher menjelaskan, aksi ini sekaligus bentuk keprihatinan warga Jawa Barat terhadap tragedi kemanusiaan di Myanmar. Dana yang terkumpul berasal dari berbagai pihak, seperti masjid, berbagai lembaga, dinas di PRovinsi Jabar, infak, zakat, dan sedekah PNS Pemprov Jabar.

"Dana yang terkumpul nantinya disalurkan untuk korban kemanusiaan di Rakhine melalui lembaga yang jelas, yaitu BJB," lanjutnya.

Donasi kemanusiaan tersebut rencananya dibuka hingga dua pekan ke depan dengan nomor rekening Solidaritas Rohingya Bank BJB 2345678910001.

Selain pengumpulan dana, aksi juga dilakukan dengan longmarch dari Masjid Pusdai, Bandung, menuju Gedung Sate. Sebelumnya, dilakukan salat Jumat berjamaah dengan Aher sebagai khatib. Beragam spanduk serta atribut ikut mewarnai aksi di sepanjang jalan.


(NIN)