Enam Titik Longsor Terjadi di Bogor

Mulvi Muhammad Noor    •    Selasa, 06 Jun 2017 15:33 WIB
longsor
Enam Titik Longsor Terjadi di Bogor
Salah satu titik longsor di Kota Bogor, Jabar. (Metrotvnews.com/dok. BPBD Kota Bogor)

Metrotvnews.com, Bogor: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat menerima 13 laporan bencana yang terjadi pada Senin malam, 5 Juni 2017. Mayoritas laporan bencana berupa longsor dan banjir lintasan.

Data yang dihimpun dari BPBD Kota Bogor, longsor terjadi di lima titik di Kecamatan Bogor Selatan, dan satu titik di Bogor Tengah. Longsoran terparah terjadi di RT 1/5 Kelurahan Bondongan, Bogor Selatan. Enam rumah rusak berat, empat lainnya terdampak.

"Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa tersebut," ujar Plt Kepala BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan dalam keterangan resminya, Selasa 6 Juni 2017.

Longsor juga mengakibatkan dua rumah di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah harus dikosongkan. Tebing setinggi 25 meter yang amblas tergerus air membuat dua rumah berpenghuni 17 jiwa itu menggantung.

Sementara itu, ratusan rumah terkena banjir lintasan akibat luapan sejumlah anak Sungai Cisadane. Titik banjir terluas terjadi di Kampung Pulo Empang, sekitar 250 rumah terdampak.

Ganjar menambahkan, sebagian warga mengungsi ke sanak saudara di tempat yang lebih aman. Pihaknya mengimbau warga di lokasi rawan bencana tetap waspada.

"Kami terus berkoordinasi dengan BMKG untuk melakukan deteksi cuaca. Kami juga pantau terus debit Sungai Ciliwung dan Cisadane," pungkas Ganjar.


(SAN)