ASN Jabar Bakal Segera Terima Gaji 13 dan 14

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 15 Jun 2017 20:05 WIB
tunjangan hari raya
ASN Jabar Bakal Segera Terima Gaji 13 dan 14
Ilustrasi THR, Ant

Metrotvnews.com, Bandung: Aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai non-ASN di Jawa Barat akan menerima gaji 13 serta 14. Alokasi dananya mencapai Rp108 miliar.

Sekretaris Pemerintah Provinsi Jabar Iwa Karniwa mengatakan peraturan soal penyaluran gaji 13 dan 14 itu terbit pada dua pekan Ramadan. Proses penyalurannya melalui transfer ke rekening masing-masing ASN dan pegawai non-ASN.

"Penyalurannya menjelang pendaftaran sekolah," kata Iwa di ruang kerjanya di Bandung, Kamis 15 Juni 2017.

Iwa mengatakan alokasi dana untuk gaji 13 dan 14 pada 2017 melonjak 100 persen ketimbang tahun lalu. Itu merupakan imbas dari pengambilalihan kelola SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi. Sehingga pemerintah provinsi juga menyediakan gaji 13 dan 14 untuk guru SMA/SMK.

Sebulan lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) Asman Abnur mengatakan pendistribusian gaji 13 bertujuan untuk membantu ASN membayar uang sekolah. Sementara gaji 14 berfungsi sebagai tunjangan hari raya (THR).

Dia mengatakan, waktu pembayaran gaji ke-13 dan THR untuk PNS dipastikan tidak berbeda dengan tahun lalu. Untuk diketahui, tahun lalu pemerintah mencairkan dan membayarkan kedua gaji tersebut dalam waktu bersamaan yakni sebelum Lebaran.

Baca: Gaji ke 13 & 14 PNS Cair Sebelum Lebaran

"Seperti tahun lalu, mudah-mudahan sebelum Lebaran," kata Asman.



(RRN)