Perbaikan Jembatan Cipamingkis Butuh Waktu Enam Bulan

Jaenal Mutakin, Mulvi Muhammad Noor    •    Sabtu, 15 Apr 2017 15:59 WIB
jembatan putus
Perbaikan Jembatan Cipamingkis Butuh Waktu Enam Bulan
Kondisi Jembatan Cipamingkis di ruas jalan alternatif Jonggol-Cariu patah akibat pondasi tergerus aliran sungai -- dok. Polres Bogor

Metrotvnews.com, Bogor: Perbaikan Jembatan Cipamingkis di jalur Jonggol-Cariu, Kampung Jagaita, Bogor, Jawa Barat, diperkirakan membutuhkan waktu enam bulan. Ini berarti Jembatan Cipamingkis belum bisa dilalui saat musim mudik nanti.

"Strukturnya harus dicek semua. Kalau dibangun jembatan darurat pun, bentangnya terlalu panjang," kata Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah I pada Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Yongga Bhakti di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 14 April 2017.

Yongga mejelaskan, kerusakan Jembatan Cipamingkis cukup serius. Pondasi jembatan amblas hingga 1,6 meter akibat tergerus aliran sungai.

Menurut Yongga, upaya pengalihan arus menjadi prioritas. Terutama menjelang musim mudik Idul Fitri 2017.

"Ini jalur padat, terutama motor. Ini jalur lebaran," ungkap Yongga.

Namun, lanjut Yongga, sejumlah jalan alternatif memiliki kendala. Lebar jalan yang sempit dan kerusakan di sejumlah titik harus menjadi perhatian instansi terkait.

Terkait anggaran, Yongga menyebut perbaikan Jembatan Cipaminkis membutuhkan dana besar. Jika diganti secara keseluruhan, sedikitnya  membutuhkan dana Rp30 miliar.

(Baca: Jembatan Cipamingkis Bogor Patah)

Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Jawa Barat Guntoro menambahkan, jembatan yang dibangun pada 1985 ini memiliki bentang seluas 30 meter x 3 meter dengan konstruksi girder beton. "Kita akan pilih tindakan terbaik. Masa perbaikan tentu sangat tergantung kondisi di lapangan, mudah-mudahan di bawah enam bulan sudah selesai," jelasnya.

Jembatan Cipamingkis patah pada Kamis, 13 April 2017, malam. Diduga, derasnya arus sungai mengikis salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah.

Tak ada korban dalam kejadian tersebut. Hanya, akses jalan Jonggol menuju Cariu atau sebaliknya untuk sementara ditutup.

Saat ini, jalur alternatif yang disiapkan yaitu dari arah Cileungsi melalui Cibucil-Cibarusah-Jagatamu hingga berbelok ke Cariu. Sedangkan, kendaraan besar bisa melalui tol Cikarang.

Sementara, kendaraan dari arah Cianjur bisa melalui jalur yang sama atau melalui jalan Telukjambe. Khusus kendaraan besar, diarahkan keluar melalui tol Karawang Barat.


(NIN)