Rute Pawai Api Asian Games di Bandung Diperpendek

Roni Kurniawan    •    Kamis, 02 Aug 2018 14:29 WIB
asian games 2018
Rute Pawai Api Asian Games di Bandung Diperpendek
Suasana program Bandung Menjawab dengan tema persiapan menyambut API obor Asian Games 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Api obor perhelatan olahraga Asian Games akan menyambangi Kota Bandung pada 11 Agustus 2018 mendatang. Namun, api obor yang dibawa dari India itu dipastikan batal singgah di Pendopo Wali Kota Bandung.

Perubahan rute tersebut dilakukan seletah Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pertemuan dengan Inasgoc selaku penyelenggara Asian Games. Awalnya, Pemkot Bandung telah membuat rute untuk pawai obor api Asian Games ke sejumlah ruas jalan protokol di Kota Bandung.

"Ini sudah beberapa rapat, baik dengan Inasgoc di Jakarta. Akkhirnya rute api obor Asian Games ini tidak di Pendopo dulu," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) Kota Bandung, Dodi Riswansyah di program Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kamis, 2 Agustus 2018.

Pawai api obor itu akan diserahterimakan di pintu gerbang keluar tol Pasteur setelah dibawa keliling di Purwakarta. Api obor kemudian dibawa mengelilingi sejumlah ruas jalan hingga berakhir di Gedung Sate (Gesat) dan diterima oleh Pj Gubernur Jawa Barat.

"Dari Pasteur langsung ke Gesat, dan juga mempersingkat waktu karena seluruh rangkaian acara ini baik dari api obor datang sampai seremoni di Gesat itu harus selesai dalam waktu tiga jam," tutur Dodi.

Selama pawai, api obor tersebut melintasi jalan layang Pasopati, kawasan Gasibu hingga titik terakhir di Gedung Sate. Awalnya api obor tersebut akan diarak ke kawasan pusat Kota Bandung yakni Alun Alun, namun urung dilakukan karena rute telah ditetapkan oleh Inasgoc.

"Sehingga pada akhirnya pimpinan memutuskan rute Inasgoc saja yang harus diikuti," sambungnya.

Hal itu diakui Dodi berdasarkan pertimbangan jarak yang ditentukan oleh Inasgoc yakni maksimal 10 kilometer untuk mengelilingi Kota Bandung. Pasalnya, jarak tersebut agar genap menjadi 18 ribu kilometer sesuai dengan yang ditetapkan oleh Inasgoc untuk api obor yang dibawa dari India hingga Indonesia.

"Jadi jarak maksimal itu harus 10 kilometer tidak boleh lebih, karena target jarak itu harus 18ribu kilometer sejak dari India hingga sampai di Jakarta nanti," tegasnya.

Pawai obor tersebut akan dimulai sejak pukul 08.30 WIB di pintu keluar tol Pasteur. Bahkan sejumlah kesenian dan kebudayaan khas Bandung pun rencananya akan turut memeriahkan pesta olahraga se-Asia tersebut.


 


(SUR)