Revitalisasi Kalimalang Agar Warga Lebih Bahagia

Antonio    •    Jumat, 14 Sep 2018 18:39 WIB
revitalisasi
Revitalisasi Kalimalang Agar Warga Lebih Bahagia
Aliran Kalimalang di dekat Gerbang Tol Bekasi Timur. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Revitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi dilakukan dengan target membuat warga menjadi lebih bahagia. Demikian hal itu disampaikan Imam Maliki, Anggota Tim Sinkronisasi Bodebek yang dibentuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Imam menyatakan, target pihaknya ialah membahagiakan warga Jabar dan lebih mendekatkan mereka ke alamnya. Rencananya, di taman air juga akan dilengkapi dengan tempat kuliner, tempat nongkrong dan juga pusat oleh–oleh khas Bekasi.

“Jadi ketika di luar negeri itu justru orang didekatkan dengan alamnya ini kan kita malah dibikin beton kan malah tambah jauh, apalagi kalau dipagar. Jadi sungai sudah nggak keihatan, kita nggak bisa menyentuh, Kan kalau ini kan kita bisa menyentuh, melihat dan bermain disana” kata dia di Bekasi, Jumat 14 September 2018.

Menurut dia, lokasi yang ideal untuk dilakukan revitalisasi ialah yang berada di dekat Gerbang Tol Bekasi Timur. Karena, masih banyak pohon dan ketersediaan lahan di bantaran kali cukup luas.

“Kalau Unisma masih kita pelihara, kan ada aktivitas dayung, jadi biar enggak berubah. Nah mumpung yang tol timur ini mumpung belum ada judulnya sama sekali ya, jadi sekalian saja dibagusin, tinggal kita pertimbangannya nanti bagaiman pembangunan tidak merusak pohon-pohon yang sudah bagus,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, untuk masuk ke bantaran kali harus melalui perumahan. Berbeda dengan Kalimalang yang berada di dekat Unisma Bekasi yang bisa langsung diakses.

“Kita mungkin ada pemikiran bagaimana tempat orang parkirnya itu nggak mesti disitu, misalnya beberapa kilo dari situ. Kemudian dari tempat parkirnya itu dengan mobil tersendiri seperti odong-odong, bandros, mungkin bisa seperti itu kalau tidak memungkinkan untuk parkir disitu," ujarnya.


(ALB)