Ratusan Pelajar di Karawang Terjaring Operasi Zebra 2017

Cikwan Suwandi    •    Selasa, 07 Nov 2017 11:35 WIB
operasi zebra
Ratusan Pelajar di Karawang Terjaring Operasi Zebra 2017
Ilustrasi -- ANT/Syaiful Arif

Metrotvnews.com, Karawang: Pagi tadi, kebingungan terpancar di wajah ratusan pelajar di Karawang, Jawa Barat. Sebagian dari mereka tampak tertunduk lesu, yang lainnya menangis. Ada pula yang menelepon orang tuanya untuk memberi kabar bahwa mereka terkena tilang.

Sedikitnya 200 pelajar di Kota Lumbung Pada teraring razia pada hari ke-7 Operasi Zebra 2017. Berbagai alasan lucu mereka lontarkan untuk meminta iba dari petugas.

"Saya semalam habis mengaji pak. Ini sudah kesiangan, makanya bawa motor," kata seorang pelajar SMP, Selasa 7 November 2017.

Kapolres Karawang AKB Ade Ary Syam Indradi mengaku, prihatin dengan orang tua yang membiarkan anak-anaknya mengendarai kendaraan walaupun belum cukup umu. "Ini sangat membahayakan bagi anak-anak. Saat ditanya petugas, mereka juga berani berbohong," ujarnya.

Ade mengimbau, kepada seluruh orang tua untuk mau mengantar anak-anaknya sekolah. Ia juga menyarankan agar orang tua membiasakan anak-anaknya menggunakan transportasi umum.

"Kalau tidak bisa juga (naik transportasi umum), ya jalan kaki, biar sehat," ucapnya.

Menurut Ade, hasil razia kendaraan akan direkap. Kemudian, Kepolisian akan membuat surat rekomendasi kepada pemerintah daerah dan sekolah agar pelajar tidak diizinkan membawa kendaraan.

"Sejak Operasi Zebra ini dimulai, sebanyak 1.700 warga terkena razia. Berbagai pelanggaran di antaranya tidak memakai helm, tidak memiliki surat-surat, juga pelat nomor polisi yang dimodifikasi," pungkasnya.


(NIN)