Pepohonan di Cihampelas tak akan Ditebang untuk Skywalk

Roni Kurniawan    •    Senin, 07 Nov 2016 13:22 WIB
pemerintah kota
Pepohonan di Cihampelas tak akan Ditebang untuk Skywalk
Area di sekitar pembangunan skywalk di Cihampelas, Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Beberapa pohon berjejer di sisi kiri dan kanan Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat. Pemerintah Kota Bandung tak akan menebang pohon-pohon tersebut untuk 'memperlancar' pembangunan ruas pejalan kaki di atas jalan raya alias skywalk.

Kesibukan tampak di Jalan Cihampelas, Senin 7 November. Mulai Oktober 2016, pekerja memasang tiang pancang dan rangka besi skywalk. 

Rencananya, skywalk di Jalan Cihampelas membentang hingga sepanjang 500 meter. Pembangunan ditargetkan rampung pada bulan depan.

Satu alat berat dikerahkan untuk memasang rangka. Kendaraan yang melintas pun semakin membuat Jalan Cihampelas ramai.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iskandar Zulkarnain mengakui ukuran tiang pancang bervariasi. Tiang pancang dipasang di beberapa titik di sekitar Cihampelas.

Meski demikian, katanya, pemasangan tiang pancang tak akan mengganggu 'keberadaan' pohon di sisi kiri dan kanan jalan. Justru, skywalk akan memberi ruang khusus untuk pohon-pohon tersebut.

"Kami akan membuat ruang khusus untuk pohon. Nantinya akan ada bolongan pada flat sebagai ruang khusus pohon," kata Iskandar di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana.

Iskandar mengatakan pembangunan skywalk menelan dana Rp43 miliar. Skywalk akan menjadi area pedestrian untuk pejalan kaki.

"Nantinya akan ada meja dan fasilitas lain di skywalk. Insya Allah aman karena sudah diperhitungkan," pungkas Iskandar.



(RRN)