Polisi Masih Dalami Sebab Jembatan Putus di Cianjur

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 05 Feb 2018 18:54 WIB
jembatan putus
Polisi Masih Dalami Sebab Jembatan Putus di Cianjur
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/M Rizal)

Bandung: Kepolisian Resor Kabupaten Cianjur, masih mengumpulkan data terkait putusnya jembatan gantung antaradesa di Desa Pusakasari-Karyamukti, Kecamatan Leles, Cianjur. Untuk keamanan, sementara ini jembatan yang memiliki ketinggian 10 meter dengan panjang 58 meter itu masih ditutup. 

"Penanganannya masih berjalan, tapi langkah kita (polisi) menutup jembatan lalu mengevakuasi terhadap korban (kemarin) dan  selanjutnya, kita lakukan pengumpulan data-data di lapangan," ungkap Hari, saat dihubungi Medcom.id Senin, 5 Februari 2018.

Hari menuturkan terkait informasi jembatan gantung yang baru dibangun, belum bisa dipastikan. Lantaran pihaknya harus mengumpulkan data dan fakta terkait dugaan tersebut. Pihaknya harus lakukan pemeriksaan mendalam. 

Baca: Jembatan Gantung di Cianjur Putus, Belasan Warga Luka-luka

"Pada prinsipnya, seluruh kejadian khususnya insiden seperti ini (jembatan putus), kita lakukan. Pengumpulan fakta mulai dari SOP hingga ke infrastruktur pembuatan jembatan tersebut ataupun data dari saksi-saksi. Intinya kita masih dalam pengumpulan keterangan atau pulbaket," bebernya.

Hari menuturkan diduga penyebab putusnya jembatan penghubung tersebut lantaran tali penopang yang terbuat dari besi (seling) putus. Menurut keterangan saksi, Sekdes Desa Karyamukti yaitu Suryadi, 44, mengatakan mulanya keluarga dari warga Kampung Sikluk, Rt03, RW 01, Desa Karyamukti, Kecamatan Leles akan mengantarkan seseorang untuk berobat ke Cianjur menggunakan sepeda motor, pada Sabtu 3 Februari 2018, pukul 22.30 WIB, melalui jembatan tersebut. 

Usai mengantar, Suryadi kembali melewati jembatan tersebut. Nahas, belum sampai ke ujung jembatan. Jembatan putus, diduga tak kuat menahan beban yang terlalu berat. Akibatnya empat orang mengalami luka berat dan dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Pagelaran Kabupaten Cianjur.



(LDS)