Dinkes Cek Sampel Air dari SD di Depok

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 17 Oct 2018 22:15 WIB
keracunan
Dinkes Cek Sampel Air dari SD di Depok
Ilustrasi air bersih, Medcom.id - M Rizal

Depok: Dinas Kesehatan Kota Depok, Jawa Barat, menyelidiki penyebab ratusan siswa SDIT Pondok Duta diare dan muntah-muntah. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok Ernawati mengatakan telah mengambil sampel air dan makanan dari sekolah.

"Kami tengah menganalisis dan diuji di laboratorium," ungkap Ernawati di Depok, Rabu, 17 Oktober 2018.

Ernawati mengaku mendapat laporan peristiwa itu pada 11 Oktober 2018. Laporan berasal dari Puskesmas Tugu, Kelurahan Cimanggis.

"Dari laporan itu, Dinkes Depok melakukan investigasi oleh tim gerak cepat dengan mendatangi  ke rumah sakit, rumah siswa, dan sekolah," bebernya.

Selain itu  juga, masih menurut Ernawati pengambilan sampling dan makanan di kirim dan diuji di Institut Pertanian Bogor. Hasilnya didapat setelah 14 hari ke depan.

"Sumber air yang dicurigai sebagai penyebab ditutup dan tidak digunakan lagi sekarang," paparnya.

Selanjutnya, berdasarkan data tim dari  Dinkes Depok ada  penambahan kasus diare di awal oktober 2018 sampai pertengahan oktober. 

"Total jumlah kasus  137, Semua kasus sudah ditangani fasilitas kesehatan baik swasta dan pemkot, Seperti sudah dilakukan koordinasi penyuluhan dan identifikasi faktor penyebab. Bila bertambah terus, ini bisa masuk dalam Kategori Kejadian Luar Biasa," katanya.


(RRN)