TPSA Cilowong Longsor, Dua Pemulung Diduga Tertimbun

Hendrik Simorangkir    •    Rabu, 02 Jan 2019 16:34 WIB
longsor
TPSA Cilowong Longsor, Dua Pemulung Diduga Tertimbun
ilustrasi Medcom.id

Tangerang: Tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Cilowong, Serang, Banten, longsor. Akibat peristiwa tersebut, dua wanita bernama Jemah, 45, dan Ida, 42, diduga tertimbun tumpukan sampah dan masih dilakukan pencarian.

Sebelumnya, kedua warga dari Kampung Cikoak, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, diterjang longsoran sampah saat bekerja sebagai pemulung dan dinyatakan hilang pada Selasa, 1 Desember 2018 sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Hingga kini masih dicari keduanya. Evakuasi ini harus hati-hati, karena kondisi tumpukan sampah masih labil dan dimungkinkan bisa longsor lagi," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Suherman, saat dikonfirmasi, Rabu, 2 Desember 2018. 

Suherman mengatakan, keduanya yang diduga menjadi korban memasuki area TPSA Cilowong melalui jalur setapak. Keduanya tidak sempat menyelamatkan diri saat terjadi longsoran sampah.

"Kami sedang memfokuskan pencarian pada titik dekat dua korban sebelum terkena longsor. Alat berat sudah diterjunkan, semoga bisa ketemu," katanya. 

Suherman menjelaskan, jutaan kubik material sampah jadi faktor kesulitan yang dihadapi tim gabungan dari TNI, Polri, dan Basarnas. Namun, lanjutnya, tetap berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pencarian.

"Selain itu terjadi patahan-patahan tanah yang buat sulit tim melakukan pencarian. Untuk pencarian kita usahakan secepatnya," jelasnya. 



(ALB)