Polisi dan Dishub Bogor Razia Bus Tujuan Puncak

Rizky Dewantara    •    Minggu, 09 Sep 2018 17:46 WIB
lalu lintaskecelakaan bus
Polisi dan Dishub Bogor Razia Bus Tujuan Puncak
Polres Bogor bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor merazia bus yang menuju wilayah Puncak dan Sukabumi, Jawa Barat, di ruas Tol Jagorawi. Istimewa

Bogor: Polres Bogor bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor merazia bus yang menuju wilayah Puncak dan Sukabumi, Jawa Barat, di ruas Tol Jagorawi pada Minggu pagi, 9 September 2018. Razia dilakukan pascakecelakaan maut yang menewaskan 21 orang, di wilayah Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Hasby Ristama mengatakan razia menyasar ke bus yang melintas dari jalan tol menuju Puncak dan Sukabumi di KM45 Tol Jagorawi. Petugas memeriksa kesehatan pengemudi dan kelaikan bus.

Petugas memeriksa kondisi ban, instrumen kendaraan, fungsi rem, serta kelengkapan kendaraan. Dua dari puluhan bus yang dirazia tidak laik jalan diminta kembali ke pangkalan.

"Kami meminta peran masyarakat guna mencegah terjadinya kecelakaan dengan memeriksa buku KIR bus yang akan digunakan atau disewa," ungkap dia dalam keterangan kepada Medcom.id, Minggu, 9 September 2018.

Baca: Bus Kecelakaan Maut di Sukabumi Dua Tahun tak Uji KIR

Dua bus yang dipulangkan remnya tidak berfungsi dengan baik serta ban kendaraan telah gundul. Kendaraan bus juga ditilang karena tidak disertai kelengkapan dokumen.

Pihaknya tidak memberi toleransi ke kendaraan yang tidak laiak jalan. Meski kendaraan bus sudah penuh dengan penumpang, polisi meminta pihak panitia atau PO bus mengganti dengan kendaraan yang laik jalan.

"Kami akan intensif melakukan razia-razia serupa. Ini bentuk pencegahan kecelakaan lalu lintas, khususnya di Jalur Puncak dan Sukabumi yang kerap terjadi kecelakaan," pungkasnya.

 


(SUR)