Penyanderaan Polisi di Mako Brimob sudah 24 Jam

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 09 May 2018 23:58 WIB
kerusuhan penjara
Penyanderaan Polisi di Mako Brimob sudah 24 Jam
Polisi berjaga di Mako Brimob setelah kerusuhan dan penyanderaan, Rabu 9 Mei 2018, Ant - Akbar Nugroho Gumay

Depok: Satu polisi masih disandera narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat. Penyanderaan berlangsung lebih dari 24 jam.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan polisi bernama Iwan Sarjana. Iwan disandera narapidana di dalam rutan.

"Semoga semua baik-baik saja," kata Setyo di Mako Brimob, Rabu 9 Mei 2018, malam.

Salah satu tahanan yang menjadi sorotan dari kejadian itu yaitu mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Setyo mengatakan Ahok berada di dalam rutan.

"Kondisi Ahok, semoga baik saja. Bloknya terpisah," ujar Setyo.

Saat ini, ujarnya, sebanyak empat orang masih bernegosiasi dengan narapidana di dalam Rutan. Sebab, narapidana sudah menguasai tiga blok kamar dalam Rutan.

Penyanderaan berkaitan dengan kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob pada Selasa malam, 8 Mei 2018. Lima orang tewas dalam kerusuhan. Mereka merupakan polisi yang tengah bertugas.

Baca: Kerusuhan Rutan Mako Brimob Pembangkangan Narapidana Teroris

Sedangkan seorang lain yaitu narapidana juga tewas dalam kerusuhan. Kepala Birokrasi Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen M Iqbal menyebut kejadian itu sebagai bentuk pembangkangan narapidana teroris.


(RRN)