Ondel-Ondel Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018 di Jakarta

Antonio    •    Senin, 06 Aug 2018 18:07 WIB
asian games 2018
Ondel-Ondel Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018 di Jakarta
Grup Ondel-Ondel Irma Irama yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, akan ikut meramaikan pawai obor Asian Games 2018 di Jakarta. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Grup Ondel-Ondel Irma Irama yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat, akan ikut meramaikan pawai obor Asian Games 2018 di Jakarta. Sebanyak sepuluh pasang ondel-ondel dipersiapkan untuk pawai tersebut.

Sahroni, 42, pembuat ondel-ondel sekaligus pengurus Grup Ondel-Ondel Irma Irama mengatakan, ada sekitar 20 orang dari grup yang berangkat mengikuti pawai yang menurutnya akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2018 mendatang.

"Nanti ada 10 orang yang main ondel-ondel dan sisanya jadi pemain musik," kata dia di Bekasi, Senin 6 Agustus 2018.

Di balik penunjukkannya untuk ikut dalam Pawai Obor Asian Games, grup ondel-ondel Irma Irama yang berdiri tahun 1992 ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang.

Ondel-ondel yang dibuat Sahroni bersama dengan kawan-kawannya ada dua jenis. Yang berbahan fiber dan dari bambu. Setiap bulan pasti ada yang memesan.


Grup Irma Irama tengah membuat ondel-ondel dari fiberglass. Medcom.id/Antonio

Untuk yang terbuat dari fiber, hanya untuk pajangan. Di sejumlah kantor pemerintahan di DKI Jakarta, ondel-ondel polesan tangannya biasa terlihat.

Sementara, ondel-ondel yang terbuat dari bambu, biasa digunakan untuk festival maupun pagelaran seni. Pernah dapat tiga kali penghargaan dari Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dan tampil dalam sejumlah pagelaran dan pentas seni.

Grup Irma Irama sebelumnya tidak membuat ondel-ondel. Mereka ikut festival seni dengan ondel-ondel yang dibeli.

Seiring berjalannya waktu, grup Irma Irama mendapat pesanan untuk membuat ondel-ondel. Sahroni,  memberanikan diri untuk memenuhi tawaran itu.

Dengan melihat ondel-ondel yang sudah jadi, ia mulai mempelajari struktur bambu yang tersusun rapih. Alhasil, jadi satu ondel-ondel yang siap untuk dipakai dalam pentas seni.

Puncaknya, Sahroni memutuskan mengundurkan diri dari tempatnya bekerja pada tahun 2005. Saat ini ia fokus untuk pembuatan ondel-ondel.

Dari tempat pembuatan di Bekasi, tepatnya di Jalan Lapangan, Kranji, Bekasi Barat, mereka berhasil berkreasi hingga ondel-ondel yang dibuat sudah pentas di dalam dan luar negeri.

Beberapa waktu lalu, ia membawa ondel-ondel ke Hibrid Park, Tokyo, Jepang untuk memenuhi undangan dari Kantor Kedutaan Besar Indonesia yang berada di Jepang menjadi utusan Kementerian Parawisata. Mereka ikut dalam pertunjukan di Negeri Matahari Terbit.


Model ondel-ondel buatan grup Irma Iraman. Medcom.id/Antonio

Ondel-ondel hasil karyanya dan rekan itu bahkan dikirim sampai ke Amerika Serikat. Dia dan grupnya itu pernah menginjak Jepang, Malaysia, Rusia dan Thailand.

Harganya setiap pasang ondel-ondel bervariasi. Tergantung ukuran dan jenis ondel-ondel. Kualitasnya selalu diberikan yang terbaik.

Dia mengaku selalu memperhatikan kualitas setiap membuat ondel-ondel. Kayu, topeng dan pakaian ondel-ondel selalu dipasang yang terbaik.
Bahan pakaian ondel-ondel yang berbeda dengan ondel-ondel pada umumnya.

"Pengennya ondel-ondel bisa diterima di masyarakat. Jadi enggak sembarangan lah, namanya kebudayaan harus bisa kita jaga dan lestarikan," ujarnya.

 


(SUR)