Gandeng Lima Negara, Menristek Dikti Revitalisasi 12 Politeknik Tahun Depan

Roni Kurniawan    •    Kamis, 03 Nov 2016 14:41 WIB
pendidikan
Gandeng Lima Negara, Menristek Dikti Revitalisasi 12 Politeknik Tahun Depan
Menristek Dikti Mohamad Nasir saat memberikan kuliah umum di Politeknik Manufaktur Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) akan merevitalisasi 12 politeknik negeri pada 2017. Itu bertujuan memperkuat pendidikan vokasi di jenjang perguruan tinggi.

Menurut Menristek Dikti Mohamad Nasir, revitalisasi menciptakan kualitas mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja sesuai keterampilan. Nasir mengakui proses revitalisasi tengah memasuki tahap final penyusunan draft.

"Rencananya revitalisasi berjalan mulai tahun depan," kata Nasir di Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bandung, Jalan Kanayakan, Kota Bandung, Kamis (3/11/2016).

Nasir menyebutkan revilitasi dilakukan di antaranya:
- Poltek Elektrobika Surabaya
- Poltek Kekapalan Surabaya
- Poltek Manufaktur Malang
- Poltek Manufaktur Bandung
- Poltek Pangan Jember
- Poltek Lampung
- Poltek Ambon 

Nasir mengatakan revitalisasi menggandeng sejumlah negara. Yaitu Jerman, Belanda, Taiwan, Kanada, dan Swiss. Hasil revitalisasi dapat dipantau pada lulusan di 2019.

Salah satu revitalisasi yaitu membuat bidang khusus yang menjadi keunggulan suatu institusi. Nasir mengatakan revitalisasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Sebab, tenaga ahli teknik di Indonesia masih kurang untuk memenuhi kebutuhan industri motor.

"Politeknik yang masih umum akan dikhususkan pada bidang tertentu misalnya politeknik khusus pertambangan atau di Ambon khusus gas," pungkasnya.


(RRN)