Lusa, Gerindra Buka Penjaringan Pilwalkot Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 30 May 2017 18:35 WIB
pilkada 2018
 Lusa, Gerindra Buka Penjaringan Pilwalkot Bandung
Partai Gerindra --Ilustrasi Metrotvnews.com--

Metrotvnews.com, Bandung: Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Bandung membuka pendaftaran bakal calon (balon) wali kota dan wakil wali kota Bandung untuk Pilkada 2018. Pendaftaran dimulai lusa, 1 Juni 2017 atau bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (BAPPDA) Gerindra Kota Bandung, Hasan Fauzi, mengatakan, proses pendaftaran untuk balon Pilwalkot Bandung berlangsung selama kurang lebih sebulan atau hingga 1 Juli 2017. Pendaftaran dibuka untuk kader atau pun non-kader Gerindra.

"Jadi untuk pengambilan formulir sampai 1 Juli. Nah untuk pengembalian berkasnya mulai 2 Juli sampai dengan 30 Agustus (2017). Siapa pun boleh ikut, kita terbuka untuk semua lapisan masyarakat," kata Fauzi saat ditemui di Kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Selasa 30 Mei 2017.


Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (BAPPDA) Gerindra Kota Bandung, Hasan Fauzi. --MTVN/Roni--

Fauzi mengatakan, setelah pengembalian berkas dari balon akan dilanjutkan verifikasi faktual oleh tim dari BAPPDA Gerindra Kota Bandung. Verifikasi tersebut akan berlangsung selama 10 hari, mulai tangga 1 hingga 10 September.

"Selama verifikasi faktual tersebut kita akan lakukan fit and proper test. Kita lihat rekam jejaknya seperti apa, apakah punya masalah hukum atau tidak. Lalu kita serahkan ke DPD (Gerindra tingkat Jawa Barat) nanti diteruskan ke pusat (DPP)," tutur dia.

Ia menuturkan, hingga kini sudah ada beberapa nama yang telah berminat untuk ikut penjaringan tersebut dari berbagai kalangan mulai birokrat, pegusaha hingga akademisi. Namun Fauzi enggan menyebutkan dan menunggu sampai hasil penjaringan selesai.

"Sudah ada yang menghubungi ke kita berminat untuk ikut penjaringan. Mungkin tidak bisa disebutkan sekarang, nanti saja lihat pas proses pengambilan formulir siapa-siapa saja yang akan ikut (penjaringan)," urainya.

Sementara itu, proses pendafataran atau pengembalian formulir yang dimulai pada 1 Juni nanti akan dibuka pukul 10.00-16.00 WIB di Kantor DPC Gerindra Kota Bandung di Jalan Kliningan Nomor 10, Kota Bandung.

"Silakan yang mau ikut penjaringan, nanti tanggal 1 Juni hari Kamis kita telah mulai membuka," ujarnya.



(ALB)