Tapir Berwarna Belang Jadi Penghuni Baru Kebun Binatang Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 29 Aug 2017 16:25 WIB
satwa
Tapir Berwarna Belang Jadi Penghuni Baru Kebun Binatang Bandung
Bayi tapir lahir di Kebun Binatang Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Seekor tapir menjadi penghuni baru di Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, setelah lahir sebulan lalu. Tapir yang tergolong langka tersebut memiliki jenis kelamin jantan dan dalam keadaan sehat sejak lahir.

Tapir berwarna corak hitam putih itu merupakan hasil dari pasangan Willy dan Novi, dua tapir yang kini berusia 12 bulan. Proses kelahiran bayi tapir itu pun dinilai lancar setelah Novi harus mengandung selama 400 hari.

"Alhamdulillah saat dilahirkan kondisi tapir sehat dan langsung menyusui ke induknya," kata Dokter Hewan Dedi Tri Sasongko di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa 29 Agustus 2017.

Dedi mengatakan, untuk mengurus bayi tapir tersebut tidak memiliki perawatan khusus. Karena bayi tapir itu mengonsumsi makanan berupa daun dan rumput serta asupan susu yang mencukupi. Bahkan hingga kini berat bayi tapir itu mencapai 8 kilogram dan terlihat sangat aktif dikandangnya.

"Sekarang bayi tapir itu sudah bisa makan daun atau rumput karena jenis hewan herbivora. Kalau masa menyusuinya sekitar enam bulan," tutur Dedi.

Sementara itu, koleksi tapir di Kebun Binatang Bandung saat ini sudah ada 8 ekor. Namun satu ekor tapir dibawa ke Taman Satwa Safari.

"Pasangan ini sangat produktif. Semenjak Novi (induk) datang dari Ragunan tahun 2004 lalu, sudah 7 kali melahirkan di sini. Semuanya sekarang di sini ada 8 ekor, tapi satu ekor dibawa ke Safari," bebernya.

Tapir sendiri diakui Dedi merupakan salah satu hewan yang langka di Indonesia. Pasalnya populasi tapir di Indonesia sudah sangat sedikit.

"Tapir jenis ini sudah berstatus terancam punah, populasi di Indonesia punah. Mudah-mudahan kita bisa terus kembang biakan tapir di sini," pungkasnya.



(RRN)