Hari Ini, Sukmawati Tanyakan Kasus Makar ke Kejati Jabar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 16 May 2017 08:39 WIB
penghinaan lambang negara
Hari Ini, Sukmawati Tanyakan Kasus Makar ke Kejati Jabar
Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Antara/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Bandung: Putri Proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, hari ini menyambangi Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Kedatangannya untuk mengetahui sudah sampai di mana kasus penodaan Pancasila yang dilakukan Rizieq Shihab berjalan.

"Saya datang dengan kuasa hukum untuk menanyakan bagaimana proses hukum dari berkas pelaporan saya," kata dia, di sela diskusi di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung, kemarin.

Sukmawati berjanji tak akan membawa pendukungnya saat datang ke Kejati. "Saya tak akan membawa massa," ujarnya.

Sebelumnya, Sukmawati telah datang ke Mapolda Jabar untuk menanyakan hal yang sama. Dia merasa kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemaran nama baik proklamator dengan tersangka Rizieq Shihab itu berjalan lambat.

Baca: Sukmawati Maklumi Kasus Rizieq Shihab Lamban

Polda Jabar telah menyerahkan berkas kasus ini ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat pada 2 Mei lalu. Kejati Jabar mengaku masih meneliti berkas perkara tersebut. Bila dinyatakan lengkap, berkas itu akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Kota Bandung untuk segera disidangkan.

Kasie Penkum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Raymond Ali mengatakan telah membentuk tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menelaah berkas. Penelaahan dilakukan selama 14 hari sejak berkas diterima.

"Kalau ada kekurangan, kami kembalikan lagi ke Polda untuk dilengkapi," ungkap Raymond di Bandung, Jumat 12 Mei 2017.




(UWA)