Cari Korban Tenggelam, Basarnas Sisir Pantai Selatan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 28 Jun 2017 16:39 WIB
kecelakaantenggelam
Cari Korban Tenggelam, Basarnas Sisir Pantai Selatan
Petugas Basarnas mengawasi pengunjung pantai selatan Jawa Barat, dok: istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Tim Badan SAR Nasional masih melakukan pencarian terhadap empat orang korban yang tenggelam akibat terseret ombak pantai selatan Jawa Barat. Empat korban itu hilang sejak, Senin 26 Juni 2017.

Kepala Humas dan Protokoler Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor merinci, dua korban yang hilang di Pantai Cikalong atas nama Cepy dan Rijal. Pencarian dilakukan mulai dari Pantai Kalapa Genap Cikalong, Tasikmalaya sampai ke arah barat.

"Kita menyisir pantai sampai ke arah barat," kata Joshua, Rabu, 28 Juni 2017.

Pencarian kedua dilakukan di wilayah Pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Kedua korban atas nama Rama dan Aji teseret arus gelombang pantai selatan dan belum diketahui keberadaannya hingga saat ini. Kedua korban merupakan warga Ciparay, Kabupaten Bandung.

"Tim SAR gabungan juga melanjutkan pencarian ke arah Barat dan Timur pantai," tuturnya.

Menurut Joshua, pencarian dilakukan dengan membagi dua tim untuk pencarian ketengah laut, hingga ke bibir pantai.

"Patokannya dari aplikasi SAR Simada, prediksinya dilihat dari perhitungan kecepatan angin, arus, jam berapa korban hilang dan faktor lainnya hingga menghasilkan koordinat yang diperkirakan.  Pencarian juga dilakukan, dengan memantau dari pinggir pantai dari lokasi melebar hingga 4-5 Km," ucapnya.

Selain melakukan pencarian, tim SAR juga memantau aktifitas pengunjung pantai agar tidak terulang kejadian sebelumnya.

"Tim SAR juga berusaha menghalau para pengunjung yang ingin berenang di lokasi yang di larang," ujarnya. 

Delapan orang wisatawan tenggelam akibat terseret ombak pantai di wilayah Selatan Jawa Barat. Dua korban di wilayah Pangandaran berhasil diselamatkan bala wisata, sedangkan dua wisatawan lain yaitu Nandang, 14, dan Dindin, 8 ditemukan dalam keadaan meninggal di wilayah Pantai Cijeruk dan Paping kemarin malam.


(ALB)