Ribuan Relawan Menyatakan Tujuh Ikrar untuk Jokowi

Rizky Dewantara    •    Minggu, 05 Aug 2018 12:57 WIB
pilpres 2019
Ribuan Relawan Menyatakan Tujuh Ikrar untuk Jokowi
Ribuan relawan Joko Widodo di Sentul Internasional Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 4 Agustus 2018. Medcom.id/ Rizky Dewantara.

Bogor: Ribuan relawan Joko Widodo yang terhimpun dalam Rapat Umum Relawan Jokowi (RURJ) tumpah ruah di Sentul Internasional Convention Centre (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Pendukung Jokowi telah memadati lokasi sejak pukul 12:00 WIB. Kedatangan mereka untuk mengikuti Rapat Umum Relawan Jokowi antar organisasi se-Indonesia.

Bahkan ballroom SICC dengan kapasitas 12 ribu bangku terisi penuh, belum lagi sejumlah relawan yang berada di luar gedung. Sekitar pukul 15.30 WIB, Presiden Joko Widodo akhirnya tiba di lokasi acara.

Dengan mengenakan kemeja panjang putih, kehadiran Jokowi langsung disambut meriah oleh ribuan pendukungnya. Kehadiran mereka untuk menyatakan tujuh poin sapta tekad relawan Jokowi yang dideklarasikan oleh beberapa ketua relawan Jokowi.

Berikut isi tujuh sapta tekad relawan Jokowi:

1. Setia dan berjuang tanpa pamrih mempertahankan Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

2. Bertekad, bersatu-padu, bergerak bersama dan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 17 April 2019, dengan semboyan Relawan Jokowi: Bersatu, Militan, Menang.

3. Bertekad menjadikan Pemilu 2019 sebagai arena mewujudkan kedaulatan rakyat dengan memilih kembali Presiden Jokowi sebagai pemimpin rakyat yang jujur, anti korupsi sederhana dan merakyat.

4. Bertekad melaksanakan Pemilu 2019 yang jujur, adil, damai dan demokratis.

5. Menolak politik uang dalam Pemilu 2019 dan menolak hoax, politik kebencian dan SARA yang memecah belah NKRI.

6. Mengawal, mengawasi dan ikut memastikan semua agenda Nawacita yang menghadirkan negara dalam kehidupan rakyat sehari-hari agar tercapai kemajuan, kesejahteraan, keadilan dan pemerataan di seluruh Indonesia.

7. Menyerukan kepada seluruh komponen bangsa dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, bergerak bersama untuk memastikan kemenangan rakyat pada 17 April 2019 dengan kembali memilih Jokowi sebagai Presiden RI periode 2019-2024.

Sementara itu, Ketua panitia acara Victor S. Sirait mengatakan, seluruh relawan yang hadir dari Sabang sampai Merauke kurang lebih ada 50 ribu relawan.

Pertemuan relawan dari seluruh Indonesia ini merupakan konsolidasi agar tetap kompak dan menjadikan Joko Widodo untuk memimpin Indonesia pada periode 2019-2024.

"Kita satu sama lain bertekad untuk membuat sapta tekad relawan Jokowi. Di mana kita juga bertekad untuk tetap bersatu dan menjadikan Jokowi memimpin kembali NKRI," kata Victor di SICC, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Victor menjelaskan, untuk target kehadiran relawan di SICC pihaknya menargetkan 30 ribu orang, tapi pada kenyataannya yang hadir mencapai sekitar 50 ribu orang.

"Ini hal yang luar biasa dari rakyat Indonesia yang masih percaya kepada Jokowi," jelas Victor.

Menurut Victor, penyampaian secara tatap muka juga dinilai lebih efektif dilakukan oleh Jokowi terhadap relawan. Menurutnya relawan Jokowi sudah sesuai dengan karakter Jokowi, santun dan baik.

"Kekuatan Jokowi adalah kekuatan rakyat. Kita tidak akan menyebar fitnah dan menjelekkan pesaing kita, kita tidak akan memulai cari masalah, tapi jika kita ada dalam perkara kita tidak akan mundur," pungkas Victor.


(DEN)