Buruh Tagih Sembako Delivery di Bandung

Roni Kurniawan    •    Selasa, 01 May 2018 15:26 WIB
may day
Buruh Tagih Sembako Delivery di Bandung
Aksi ribuan buruh di depan Gedung Sate Kota Bandung dalam peringatan May Day, Selasa 1 Mei 2018, Medcom.id - Roni

Bandung: Buruh di Kota Bandung, Jawa Barat, menagih penjualan sembilan bahan pokok dengan sistem antar jemput (Sembako Delivery). Program tersebut diluncurkan dua tahun lalu namun buruh belum dapat menikmati layanan tersebut.

Hal itu disampaikan Hermawan, Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Bandung, program itu diluncurkan pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2016. Program itu dinilai menyejahterakan buruh untuk mendapatkan sembako dengan cara mudah.

"Sampai sekarang belum berjalan. Terakhir rapat tahun kemarin. Ini harus direalisasikan sebelum jabatan Wali Kota (Bandung) berakhir," kata Hermawan di Bandung, Selasa 1 Mei 2018.

Hermawan mengatakan program Pemkot Bandung itu berada di bawah PD Pasar Bandung Bermartabat. Padahal, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, yang kini sedang cuti untuk kampanye Pilgub Jabar 2018, mengatakan akan segera menggulirkan program tersebut.

"Tahun lalu ini terakhir di gagas dengan PD pasar. Tapi tidak ada lagi lanjutan. PD Pasar harusnya bisa lebih supporting lagi," ungkapnya.

Hermawan mengatakan, program Sembako Delivery itu dapat mengurangi beban buruh mengeluarkan ongkos untuk berbelanja. Tapi, program tersebut sampai kini hanya isapan jempol, dan para buruh tetap harus membeli sembako seperti biasanya tanpa ada layanan khusus dari program tersebut.

"Harapan kami ke depan direalisasikan, karena bisa mengurangi pengeluaran buruh," tegasnya.



 


(RRN)