Korban Miras Oplosan Bertambah Jadi 41 Orang

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 10 Apr 2018 16:10 WIB
miras oplosan
Korban Miras Oplosan Bertambah Jadi 41 Orang
ilustrasi-medcom.id

Cicalengka: Korban tewas diduga akibat minuman keras (miras) oplosan bertambah, jadi 41 orang, hingga Selasa 10 April 2018. Puluhan korban tewas itu berasal dari tiga rumah sakit di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

"Ada 155 pasien yang datang ke tiga rumah sakit yaitu RS AMC Cileunyi, RSUD Majalaya, dan RSUD Cicalengka," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Achmad Kustijadi di Kabupaten Bandung, Selasa 10 April 2018.

Dia mengatakan bakal membantu biaya perawatan korban. Dia menegaskan biaya perawatan sudah menjadi tanggungan pemerintah daerah. 

"Dalam kejadian luar biasa (situasional) harus fokus jangan permasalahan ini menyebar," paparnya.

Direktur Utama RSUD Cikopo Cicalengka, Yani Sumpena, mengatakan dari 41 korban tewas. Sebanyak 31 orang berasal dari RSUD Cicalengka.

"Untuk korban yang dirawat di IGD ada 29 orang, di ruang perawatan 19 orang. Sedangkan yang dirujuk 10 orang ke beberapa rumah sakit seperti AMC Jatinangor, RSUD Majalaya dan Gustira," ungkapnya, di RSUD Cicalengka, Jawa Barat. 

Yani menuturkan, hari ini tidak ada korban kritis. Kini seluruh korban miras oplosan tengah dirawat inap RSUD Cicalengka. 



(LDS)