Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gedebage akan Direlokasi

Roni Kurniawan    •    Senin, 16 Jul 2018 15:33 WIB
kebakaran pasar
Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gedebage akan Direlokasi
Pasar Gedebage terbakar, Minggu 15 Juli 2018.

Bandung: Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bandung Bermartabat merencanakan untuk merelokasi sementara para pedagang di Pasar Gedebage Bandung yang terbakar pada Minggu 15 Juli 2018 dini hari. Relokasi dilakukan ke lapak sementara yang masih berada di area Pasar Gedebage.

Direktur Utama PD Pasar Bandung Bermartabat Ervan Maksum mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk menampung sementara para pedagang korban kebakaran. Lokasi tersebut berada di depan area Pasar Gedebage yang dipersiapkan awalnya untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL).

"Kita beraksi untuk mengakomodasi pedagangnya. Ada di sebelah kanan pas masuk Gedebage bisa menampung semua pedagang, cuma agak ketutup sama PKL," kata Ervan saat dihubungi Medcom.id via telepon seluler, Senin 16 Juli 2018.

Ervan menuturkan, kewenangan lapak yang terbakar di Pasar Gedebage merupakan kewenangan pihak swasta. Namun, lanjut Ervan, hingga kini pihak pengelola belum melakukan tindakan termasuk memberikan tempat sementara untuk berjualan.

"Mereka sampai kemarin belum hadir, kita sudah berikan surat resmi gimana rencana mereka setelah terbakar," sambungnya.

Pasalnya diakui Ervan, tempat relokasi sementara yang disiapkan saat ini hanya bisa digunakan oleh para pedagang pada pagi hingga sore. Pasalnya lapak area relokasi belum dilengkapi dengan fasilitas listrik sehingga tidak bisa penuh digunakan.

"Kita hanya bisa jual pada siang saja karena belum ada listrik. Bisa menampung semuanya, cuma ukurannya tidak sebesar kios mereka yang terbakar," pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 116 lapak pedagang di Pasar Gedebage hangus terbakar pada Minggu 15 Juli 2018 dini. Ratusan lapak tersebut terbakar diduga karena ada arus pendek di salah satu lapak yang langsung merambat ke beberapa bangunan lainnya.



(ALB)