Pemerintah bakal Bantu Korban Gempa di Pangandaran

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 20 Dec 2017 15:17 WIB
gempa bumi
Pemerintah bakal Bantu Korban Gempa di Pangandaran
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Desa Wonoharjo, Pangandaran -- medcom.id/Jaenal Mutakin

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Desa Wonoharjo, Pangandaran. Ia mengatakan korban terdampak gempa sudah tertangani secara baik.

"Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran untuk perbaikan bangunan," kata pria yang akrab disapa Aher ini, Rabu, 20 Desember 2017.

(Baca: Guncangan Kuat akibat Titik Gempa di Darat)

Menurut Aher, saat ini BPBD sedang mendata korban gempa dan memastikan sarana serta rumah yang rusak segera diperbaiki. Terkait besaran bantuan dari Pemprov Jabar, Aher memastikan telah memiliki angka yang telah disepakati BPBD dan BNPB.

Aher menyarankan warga terdampak gempa tinggal di rumah kerabat untuk sementara. "Sambil menunggu bantuan dari pemerintah," pungkasnya.

Sebagai informasi, gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang wilayah Tasikmalaya pada Sabtu, 16 Desember 2017, tengah malam. Gempa tersebut terasa besar getarannya dan lama hampir tiga menit.

 


(NIN)