Polda Jabar Kerahkan 24.000 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 12 Dec 2017 17:38 WIB
Polda Jabar Kerahkan 24.000 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bandung: Polda Jawa Barat terjunkan 24.000 anggota guna pengamanan libur panjang Natal dan Tahun Baru. Operasi yang diberi nama Operasi Lilin Lodaya akan dilaksanakan mulai 22 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018.

"Sudah kita koordinasikan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru," ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin 11 Desember 2017.

Selain pengamanan, Polda Jabar juga akan membentuk Satuan Petugas (Satgas) Pangan untuk mengawasi harga di pasar. Tim Satgas Pangan untuk menghindari permainan harga di tingkat pedagang tak bertanggung jawab ini mulai bekerja Rabu, 13 Desember 2017.

Yusri juga akan menelusuri kelangkaan gas elpiji tiga kilogram di beberapa daerah Jawa Barat. Polda Jabar juga akan berkoordinasi dengan PT Pertamina soal logistik dan penyaluran elpiji 3 kg. Sebab, penyaluran hingga ke tingkat pangkalan diklaim Pertamina tak terkendala.

Walau demikian, dia mengakui permintaan warga mulai naik menjelasng Yusri menegaskan setelah dilakukan penelusuran dan mendapatkan penjelasan langsung dari Pertamina ternyata hal tersebut tidak benar.

Namun, diakuinya bahwa di lapangan ada peningkatan permintaan masyarakat sehingga terjadi lonjakan.

"Pertamina sudah mengatakan siap mengatasi dan setelah ditelusuri, tidak ada kelangkaan gas elpiji. Tetapi kitaasih terus melakukan pengawasan terhadap distributor, apabila terbukti ada penimbunan tentu kita berikan penindakan," pungkasnya.
(SUR)