36 Kecamatan di Sukabumi Terdampak Gempa

Antara    •    Rabu, 24 Jan 2018 12:26 WIB
gempagempa bumi
36 Kecamatan di  Sukabumi Terdampak Gempa
ilustrasi Medcom.id

Sukabumi: Wilayah terdampak gempa 6,1 Skala Richter di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat meluas dan menyebabkan rusaknya ratusan rumah, termasuk fasilitas umum.

"Hingga Rabu, 24 Januari, jumlah kecamatan terdampak bencana gempa bertambah, awalnya hanya 31 kecamatan menjadi 36 kecamatan," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Rabu 24 Januari 2018.

Eka bilang, Menurutnya, akibat gempa yang berpusat di Lebak, Banten itu, menyebabkan ratusan rumah rusak baik kategori berat, ringan maupun sedang. Selain itu, ada tiga warga yang cedera atau luka ringan karena tertimpa puing bangunan yang rusak.

Bencana itu tidak hanya merusak rumah warga saja tetapi fasilitas umum lainnya seperti tempat layanan kesehatan, pemerintahan dan pendidikan dan tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

Dia melanjutkan, bantuan sudah mulai disalurkan kepada warga yang menjadi korban bencana alam ini dan petugas BPBD serta relawan lainnya masih melakukan penyisiran.

"Untuk kerugian masih dalam penghitungan karena cukup banyak bangunan yang rusak," tambahnya.

Eka mengimbau kepada warga agar tidak terpengaruh berita-berita atau informasi hoaks yang menyebutkan akan ada gempa susulan berkekuatan 7,5 SR.

Namun, warga diminta harus tetap waspada karena Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan gempa.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Jakarta dan sekitarnya yang berpusat di Lebak, Banten, Selasa, 23 Januari 2018 pukul 13.34 WIB.

Pusat gempa berada di koordinat 7,21 Lintang Selatan dan 105,91 Bujur Timur atau tepatnya di 81 kilometer arah barat Lebak. Akibat bencana tersebut, sebanyak 341 unit rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.



(ALB)