Banjir di Kabupaten Bandung hingga Seleher Orang Dewasa

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 23 Feb 2018 13:47 WIB
banjirbencana banjir
Banjir di Kabupaten Bandung hingga Seleher Orang Dewasa
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Kabupaten Bandung: Beberapa wilayah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, diserbu banjir usai diguyur hujan yang turun Kamis malam, 22 Februari 2018. Basarnas Kota Bandung menyebut wilayah Kabupaten Bandung yang terdampak banjir yaitu Majalaya, Dayeuhkolot, Kampung Andir, Bantaran Cieunteung, dan Bojongsoang.

"Kalau kita lebih ke penanganan korban banjirnya, mengevakuasi dari semalam hingga pagi tadi," ungkap Koordinator Protokoler dan Humas Basarnas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor kepada Medcom.id, Jumat, 23 Februari 2018.

Sebanyak 58 personel Basarnas turun ke wilayah terdampak banjir mulai kemarin malam. Mereka membantu evakuasi ratusan warga baik di Majalaya dan wilayah lain yang kebanjiran.

"Kita evakuasi ke musala, posko bencana dan ke rumah kerabat mereka yang dinilai aman. Banyak manula, orang yang sedang sakit juga bayi yang baru berumur beberapa bulan," ucapnya.

Banjir semalam dianggap cukup berbahaya karena tingginya mencapai leher orang dewasa. Apalagi listrik di rumah-rumah warga yang terkena banjir belum dipadamkan.

"Evakuasi berjalan dengan baik, puji Tuhan tidak ada yang meninggal. Sekarang banjir di wilayah Majalaya sudah mulai surut, kita fokuskan anggota ke wilayah Cirebon karena disana juga terjadi banjir," paparnya.

Sementara itu, Tatan Suherlan Ketua RW10, Kampung Cijagra Bojongsoang, Kabupaten Bandung, mengatakan banjir masih belum surut. Terutama di rumah warga Bojongsoang yang ketinggiannya mencapai satu meter.

"Kemarin ada dua rumah warga yang ambruk juga di RT09. Warga kami evakuasi ke Gudang Tanggo. Ada sekitar 52 KK dengan jumlah 132 jiwa sementara ini," pungkasnya.



 


(SUR)