PSI Bakal Daftar Jadi Peserta Pileg 2019

Roni Kurniawan    •    Kamis, 05 Oct 2017 11:45 WIB
pemilu serentak 2019
PSI Bakal Daftar Jadi Peserta Pileg 2019
Bendera Partai Solidaritas Indonesia di Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mulai bergerak untuk menjadi peserta pemilu legislatif (Pileg) pada 2019 mendatang. Bahkan kini PSI bersiap untuk mendaftarkan ke KPU Pusat dan KPU Daerah.

Menurut Sekertaris Jenderal DPP PSI, Raja Juli Antoni, hingga kini anggota yang bergabung bersama partai berlambang tangan mengepal tersebut sudah mencapai ratusan ribu yang tersebar di 34 provinsi se-Indonesia. Hal itu pun yang meyakinkan PSI untuk siap bertarung pada Pileg 2019 nanti.

"Minggu ini kami akan daftar ke KPU RI. Sekarang anggota kami juga sudah mencapai 650 ribu anggota di seluruh Indonesia. Ini akan terus bertambah karena kita membuka pendaftaran secara online," kata Raja kepada awak media di kawasan Pasteur, Kota Bandung, Rabu 4 Oktober 2017.

Ia mengaku, lolosnya verifikasi dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) pada 2016 lalu menjadi modal yang kuat untuk lolos verifikasi dari KPU. Berbagai berkas dokumen pun kini sudah disiapkan dan segera untuk diserahkan ke KPU yang telah membuka pendaftaran calon peserta Pileg sejak 3 Oktober kemarin.

"Kamis siap di verifikasi, karena PSI satu-satunya partai tahun lalu sebagai partai yang lolos di Kemenkumham. Dan ini sebagai bahan untuk ke KPU," turur dia.

Sementara itu, dalam Pileg nanti PSI memanfaatkan jaringan kalangan muda terutama pemilih pemula untuk turut serta menjadi anggota atau simpatisan guna menggalang suara. Pasalnya partai yang dipimpin oleh Grace Natalie itu mayoritas dihuni oleh kaula muda serta kalangan selebritis.

"Kita mempunyai jaringan anak muda, karena kita ingin anak muda pun turut berpolitik. Karena kami kira ini saatnya anak muda untuk turut membangun bangsa ini melalui politik," pungkasnya.

Sementara itu untuk PSI tingkat daerah akan melakukan pendaftaran secara serentak pada 9 Oktober nanti. Hal itu bertujuan guna memperlihatkan kekompakan seluruh anggota PSI yang berada di setiap daerah.

"Dan nanti tanggal 9 (Oktober), seluruh DPD PSI akan mendaftarkan diri ke KPUD masing-masing. Seluruh dokumen sudah siap dan lengkap," tandas Raja.


(RRN)