Ridwan Kamil Siap-siap Pindah Rumah

Roni Kurniawan    •    Rabu, 17 Jan 2018 16:15 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Siap-siap Pindah Rumah
Ridwan Kamil di Bandung, Medcom.id - Roni

Bandung: Ridwan Kamil atau Emil tengah menyiapkan barang-barangnya untuk pindah dari rumah dinasnya Pendopo Kota Bandung, Jawa Barat. Ia akan pindah ke rumah kontrakan selama menjalankan masa cuti dari jabatan Wali Kota Bandung untuk mengikuti tahapan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

"Sekarang mah lagi beres-beres barang juga, persiapan mau pindah ke Cipaganti," kata Emil ditemui di Hutan Kota Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Rabu, 17 Januari 2018.

Emil berbagi tugas dengan pasangannya, Uu Ruzhanul Ulum, sebagai bakal calon gubernur. Sehingga pasangan Emil-Uu dapat dikenal hingga ke pelosok daerah di Jabar.

Ia juga menyusun strategi untuk menyosialisasikan pencalonannya sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar). Emil pun memilih untuk bersafari di akhir pekan, agar kegiatan politik itu tak mengganggu tugasnya sebagai Wali Kota Bandung.

Emil mengaku masih memiliki pekerjaan rumah sebagai Wali Kota Bandung. Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye, kata Emil, ia harus menuntaskan beberapa pekerjaan prioritas.

"Jadi sosialisasi Pilgub Jabar di luar jam kerja atau akhir pekan," kata Emil. 

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum merupakan satu dari empat pasang calon yang mendaftar di Pilgub Jabar. Tiga pasang calon lain yaitu Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi; Sudrajat-Ahmad Syaikhu; Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan.

Masa pendaftaran berlangsung mulai 8 hingga 10 Januari 2018. Lalu pada 10 sampai dengan 27 Januari, KPU memverifikasi berkas pendaftaran dan pasangan bakal calon melakukan tes kesehatan.

Pada 12 Februari 2018, KPU mengumumkan penetapan pasangan yang melaju ke tahapan Pilgub Jabar. Sehari kemudian, KPU akan mengundi nomor urut pasangan calon. 

Lalu mulai 15 Februari sampai dengan 26 Juni 2018, pasangan calon menjalani masa kampanye dan debat publik. Pemungutan suara digelar pada 27 Juni 2018. Masa rekapitulasi suara dilakukan mulai 28 Juni sampai dengan 9 Juli 2018.







(RRN)