Kontingen Kecewa Panitia PON Salah Kibarkan Bendera Bali

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 14 Sep 2016 15:14 WIB
pon 2016
Kontingen Kecewa Panitia PON Salah Kibarkan Bendera Bali
Proses penaikan bendera kontingen PON di Stadion GBLA Bandung, MTVN - Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX menggelar apel pengibaran bendera daerah kontingen peserta PON. Namun, kontingen Bali kecewa saat benderanya dikibarkan.

Upacara pengibaran bendera berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu 14 September. Sebanyak 33 bendera yang mewakiliki 33 provinsi di Indonesia dikibarkan serentak.

Bendera kontingen dikibarkan di sisi kiri dan kanan bendera Merah Putih. Namun satu bendera tak mencapai puncak. Bendera itu milik kontingen Bali.

Bendera berwarna oranye. Petugas mengalami kesulitan saat mengerek bendera. Sehingga penaikan bendera tak tuntas. Bendera tak mencapai puncak tiang.


(Upacara pengibaran bendera kontingen peserta PON. Bendera oranye yang dilingkari itu salah warna dan membuat Wakil Ketua KONI Bali kecewa, MTVN - Jaenal Mutakin)

Setelah upacara rampung, panitia memperbaiki letak bendera. Panitia mengibarkan bendera hingga ke puncak.

Namun kekecewaan tampak di wajah Wakil Ketua KONI Bali Maryoto Subekti. Maryoto mengaku itu kesalahan itu pertama kali terjadi selama PON digelar di Indonesia.

Bukan hanya proses mengerek bendera yang bermasalah. Maryoto mengaku bendera yang dikibarkan itu salah warna.

"Yang benar warnanya seperti yang kami bawa ini (warna kuning). Itu bendera kami sebagai kebanggaan kami," kata Maryoto.

Maryoto lantas meminta dua pemuda dari kontingennya untuk menurunkan bendera oranye itu. Lalu, kedua pemuda itu menaikkan bendera dengan warna dasar kuning.

Meski demikian, Maryoto menegaskan atlet Bali tak akan terpengaruh. Mereka tetap memburu prestasi selama pelaksanaan PON.

"Kami untuk main semaksimal mungkin. Ini pesta bersama, kami ikut memeriahkan," ujarnya.


(RRN)