PCNU Depok Gelorakan Penguatan Bhinneka Tunggal Ika

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 14 Dec 2018 15:58 WIB
nkritoleransi beragama
PCNU Depok Gelorakan Penguatan Bhinneka Tunggal Ika
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) menggelar Seminar Kebangsaan, Merawat Kebhinekaan Indonesia di Gedung PCNU, Jalan Kalimulya Cilodong Kota Depok, Jawa Barat, Kamis, 13 Desember 2018. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno.

Depok: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) mengajak seluruh umat beragama menjaga Bhinneka tunggal ika dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pelaksana Tugas Ketua PCNU Kota Depok, Achmad Solechad, mengatakan ada segelintir orang yang ingin merusak Bhinneka Tunggal Ika dengan beberapa modus.

"Ini merupakan cara segelintir kelompok atas kepentingan politik praktis maupun ideologi keras yang mencoba untuk menggoyahkan pemikiran masyarakat dalam memahami perbedaan," kata Achmad dalam seminar kebangsaan bertajuk Merawat Kebhinekaan Indonesia di Gedung PCNU, Jalan Kalimulya Cilodong Kota Depok, Jawa Barat, Kamis, 13 Desember 2018.

Achmad menjelaskan PCNU menggelar seminar untuk mempererat kebinekaan. Seminar dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari semua penganut agama, pemuda, remaja, pelajar, serta kelompok-kelompok yang menyuarakan perdamaian.

"Kita mengajak komponen warga masyarakat, khususnya Kota Depok, bersama-sama menengok sejarah bangsa kita bahwa kita sudah berhasil dalam hidup secara majemuk yang berbeda suku agama dan terbukti damai," jelas Achmad.

Pendeta Brigjen TNI (Pur) Harsanto Adi Soekamto menilai kegiatan seminar ini berdampak positif. Terutama untuk terus menggelorakan semangat kebinekaan.

"Harus berkaca pada tahun 80-an dan 90-an saat anak-anak bergaul tanpa melihat agama dari temannya," kata Harsanto.


(DEN)